Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Resmi Daftar NATO, Finlandia Tetap Tolak Senjata Nuklir dan Pendirian Pangkalan Militer

Kompas.tv - 19 Mei 2022, 16:49 WIB
resmi-daftar-nato-finlandia-tetap-tolak-senjata-nuklir-dan-pendirian-pangkalan-militer
PM Finlandia Sanna Marin kepada surat kabar Italia dalam wawancara yang terbit Kamis (19/5/2022) mengatakan Finlandia tidak ingin NATO menggelar senjata nuklir atau mendirikan pangkalan militer di wilayahnya, bahkan jika Finlandia menjadi anggota dari aliansi itu (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

HELSINKI, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin mengatakan negaranya tidak ingin NATO menggelar senjata nuklir atau mendirikan pangkalan militer di wilayahnya, bahkan jika Finlandia menjadi anggota dari aliansi itu, seperti dilansir harian Italia Corriere della Sera yang dikutip Straits Times, Kamis, (19/5/2022).

Finlandia dan Swedia resmi mendaftar untuk bergabung dengan aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Rabu (18/5/2022). Keputusan itu didorong oleh serangan Rusia ke Ukraina, tetapi menghadapi keberatan dari Turki atas proses menjadi anggota NATO yang semula diperkirakan akan relatif cepat.

PM Marin, dalam kunjungan di Roma untuk bertemu dengan rekan Italianya PM Mario Draghi, mengatakan dia yakin masalah itu bisa diselesaikan melalui dialog.

"Saya pikir pada tahap ini, penting untuk tetap tenang, berdiskusi dengan Turki dan semua negara anggota lainnya, menjawab pertanyaan yang mungkin ada dan memperbaiki kesalahpahaman," kata PM Marin kepada harian Italia Corriere della Sera.

PM Marin juga mengatakan, pertanyaan tentang NATO yang menyebarkan senjata nuklir atau membuka pangkalan di Finlandia bukan bagian dari negosiasi keanggotaan Helsinki dengan NATO.

"Saya juga tidak berpikir (Finlandia) ada minat untuk menggelar senjata nuklir atau membuka pangkalan NATO di Finlandia," katanya.

Baca Juga: Tak Hanya Turki, Kroasia juga Tolak Finlandia dan Swedia Gabung NATO

PM Swedia Magdalena Andersson yang seperti Finlandia juga mengajukan keanggotaan NATO, mengatakan negaranya juga tidak menginginkan pangkalan NATO permanen atau senjata nuklir di wilayah Swedia. (Sumber: Henrik Montgomery/TT News Agency via AP)

Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson, yang seperti Finlandia juga mengajukan keanggotaan NATO, mengatakan negaranya juga tidak menginginkan pangkalan NATO permanen atau senjata nuklir di wilayah Swedia.

Turki, anggota NATO sejak 1952, menyatakan ketidaksetujuan yang tak terduga terhadap keanggotaan Finlandia dan Swedia, menuduh kedua negara menyembunyikan individu yang terkait dengan kelompok yang Turki anggap teroris.

Ankara juga mengutip embargo ekspor senjata negara-negara itu terhadap Turki setelah serangannya ke Suriah pada 2019.

Presiden Finlandia Sauli Niinisto dan PM Andersson diperkirakan akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Washington hari Kamis, (19/5/2022)

Italia sangat mendukung upaya Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO, dan bersedia mempercepat prosedur internal bagi kedua negara untuk bergabung sesegera mungkin, kata Draghi hari Rabu setelah bertemu dengan PM Marin.



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x