Kompas TV video vod

5 Masjid Raya Unik di Indonesia, Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Kompas.tv - 19 Mei 2022, 15:58 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

Masjid Kubah Emas atau Masjid Dian Al Mahri

Bangunan rumah ibadah tersebut mengusung konsep kemewahan, nuansa mewah dan elegan terasa dari sisi luar ataupun dalam dengan lapisan marmer dan granit.

Bangunan ini memiliki sebuah kubah yang berlapiskan emas sehingga lebih populer dengan nama Masjid kubah emas. Masjid ini selesai dibangun pada tanggal 31 Desember 2006 setelah dikerjakan selama lebih dari 7 tahun.

2)Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Masjid Raya Sabilal Muhtadin berada di tepi barat sungai Martapura.

Dalam kompleks masjid tersebut terdapat taman baskom yang sering disebut Taman Sabilal dan Siring. Masjid ini dibangun pada tahun 1981 dan dihiasi oleh kaligrafi  ayat-ayat Al-Quran, Asmaul Husna, hingga nama-nama 4 Khalifah Utama dalam Islam.

3) Masjid Tiban di Turen Malang

Masjid ini memiliki menara tinggi yang ada di tengah-tengah pemukiman warga dengan perpaduan ornamen khas Turki, India, Russia hingga Mesir.

Masjid Tiban di Turen ini merupakan bangunan yang menjadi satu dengan pondok pesantren dengan jumlah total  10 lantai. Masjid ini tidak dibangun hanya dalam semalam, akan tetapi masjid Tiban Malang ini sudah dibuat sejak tahun 1978.

4) Masjid Raya Sumatra Barat

Terlihat seperti rumah adat khas Suku Minangkabau namun, bentuk atap tersebut untuk mengingatkan bentuk bentangan kain ketika empat kabilah suku Quraisy di Mekkah berbagi kehormatan memindahkan batu Hajar Aswad.

Dibangun tahun pada 21 Desember 2007, pembangunannya tuntas pada 4 Januari 2019.

 Bangunan masjid dengan 3 lantai itu memiliki interior dengan kaligrafi bernuansa Melayu-Minang

5) Masjid Agung An-Nur

Berdiri tahun 1968, Masjid Agung An-Nur di Pekanbaru Riau, dibuat dengan arsitektur bangunan menyerupai bangunan Taj Mahal.

Selain kesamaan kubah dan menara yang membuat masjid ini makin disebut mirip Taj Mahal karena adanya kolam panjang di depan masjid.

Tentunya masih banyak masjid raya lain di Indonesia.

Coba sebutkan masjid raya dan keunikannya di kotamu di kolom komentar ya!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x