Kompas TV internasional kompas dunia

Penulis Novel 'Cara Membunuh Suamimu' Disidang di AS atas Dakwaan Bunuh Suaminya

Kompas.tv - 19 Mei 2022, 15:48 WIB
penulis-novel-cara-membunuh-suamimu-disidang-di-as-atas-dakwaan-bunuh-suaminya
Nancy Crampton-Brophy, penulis novel berjudul How To Murder Your Husband atau Cara Membunuh Suami Anda saat ini menjalani pengadilan kriminal di Amerika Serikat karena...didakwa membunuh suaminya (Sumber: Oregon Live)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

LOS ANGELES, KOMPAS.TV - Seorang penulis novel berjudul "How To Murder Your Husband" atau "Cara Membunuh Suami Anda" saat ini menjalani pengadilan kriminal di Amerika Serikat karena didakwa membunuh suaminya, seperti dilansir Straits Times, Kamis (19/5/2022)

Ini adalah kasus yang memiliki semua keunggulan fiksi detektif klasik, pembayaran asuransi yang besar, tersangka miskin yang mengaku menderita amnesia, senjata yang hilang, dan rekaman kamera pengawas yang tampaknya menangkap pelakunya secara langsung.

Tapi bagi novelis Nancy Crampton Brophy, itu bukan plot buku terbarunya; ini adalah kehidupan nyata di ruang pengadilan Oregon, Amerika Serikat.

Nancy Crampton Brophy, yang seri novel tulisannya di antaranya "Wrong Never Felt So Right" atau "Salah Tidak Pernah Terasa Sebenar Ini", termasuk "The Wrong Husband" atau "Suami yang Salah" dan "The Wrong Lover" atau "Kekasih yang Keliru", dituduh menembak Daniel Brophy, menggunakan pistol yang dia beli di eBay namun larasnya sekarang hilang.

Jaksa mengatakan penulis berusia 71 tahun itu kepayahan membayar hipotek atau cicilan rumahnya, tetapi mempertahankan pembayaran asuransi jiwa yang akan membayar total US$1,4 juta atau setara 20 miliar rupiah jika suaminya meninggal.

"Secara finansial saya lebih baik dengan Dan (Daniel) dalam keadaan hidup daripada Dan dalam keadaan mati," tutur Nancy saat menjalani persidangan di Portland minggu ini, seperti laporan The Oregonian yang dikutip Straits Times.

Baca Juga: Buku Novel Anak Bajang Mengayun Bulan, Ajak Pembaca Lihat Sisi Baik Makhluk yang Dianggap Buruk!

Nancy Crampton-Brophy, penulis novel berjudul How To Murder Your Husband atau Cara Membunuh Suami Anda saat ini menjalani pengadilan kriminal di Amerika Serikat karena...didakwa membunuh suaminya (Sumber: People Magazine)

"Kalau boleh saya tanya, di mana motivasinya?  Seorang editor akan terbahak dan berkata, 'Saya pikir Anda harus bekerja lebih keras untuk cerita ini, Anda memiliki lubang besar di dalamnya.'"

Jaksa Shawn Overstreet mengatakan rekaman kamera keamanan menangkap minivan Crampton Brophy di luar Institut Kuliner Oregon pada 2 Juni 2018 hampir persis saat suaminya yang bekerja sebagai koki terbunuh di salah satu ruang kelas sekolah masak tersebut.

"Anda berada di sana pada saat yang sama ketika seseorang kebetulan menembak suami Anda .... dengan jenis senjata yang Anda miliki dan yang sekarang hilang secara misterius," kata Jaksa.



Sumber : Kompas TV/Straits Times/Dallas News/


BERITA LAINNYA



Close Ads x