Kompas TV regional berita daerah

Cegah Sebaran PMK, Petugas Bagikan Disinfektan

Kompas.tv - 19 Mei 2022, 13:50 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sejumlah petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes, mendatangi sejumlah peternakan sapi milik warga di Kecamatan Bumiayu, Rabu pagi. Satu persatu hewan ternak diperiksa kondisi fisik pada bagian mulut sapi.

 

Langkah ini dilakukan guna mencegah penularan virus PMK yang penularannya sangat cepat. Para peternak perlu mewaspadai jika pada mulut hewan ternak terdapat lendir yang berbusa dan kesulitan berdiri berjalan bisa dipastikan, hewan ternak tersebut terjangkit PMK.

 

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes,Ismu Subroto mengatakan pihaknya kini menggencarkan program sanak kadang atau sehat ternak sehat kandang untuk pencegahan virus PMK. Yakni dengan pemberian obat dan vitamin secara rutin empat bulan sekali dan menjaga kebersihan kandang serta memandikan hewan ternak sehari sekali.

 

Petugas juga memberikan cairan desinfektan secara cuma-cuma kepada peternak. Sejumlah peternak mengaku khawatir dengan wabah PMK apalagi terjadi saat mendekati hari raya Idul Adha. Para peternak mengantisipasi PMK dengan cara rutin membersihkan kandang dan hewan ternak.

 

Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Brebes mengimbau agar peternak kembali menggalakan zero waste atau bebas kotoran. Yakni dengan memanfaatkan kotoran sapi sebagai pupuk kandang guna menyuburkan tanaman untuk makanan hewan ternak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x