Kompas TV video vod

Ratusan Nelayan di Desa Dadap Indramayu Gelar Tradisi Nadran

Kompas.tv - 19 Mei 2022, 10:22 WIB
Penulis : Ikbal Maulana

INDRAMAYU, KOMPAS.TV - Ritual sedekah laut atau biasa disebut Tradisi Nadran digelar oleh ratusan nelayan di Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (18/5).

Tradisi Nadran sebelumnya diawali dengan menggelar ngarak miniatur perahu yang akan dilarung ke tengah lautan.

Hal ini dimaksudkan sebagai tolak bala bagi para nelayan saat mencari ikan.

Setelah arak-arakan, nelayan berkumpul di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) setempat guna menyiapkan sejumlah sesajen, sebelum melakukan pemberangkatan untuk melarung miniatur perahu.

Baca Juga: Pantai dan Tambak Milik Warga di Indramayu Tercemar Solar, Kantor Pertamina Digeruduk Warga!

Menurut Kepala Desa, nelayan masih menjaga tradisi pesta laut atau Nadran sebagai bentuk syukur atas hasil laut melimpah.

“ini adalah rutinitas masyarakat setiap tahun, adat-istiadat yang perlu kita lestarikan” kata Kepala Desa Dadap Asyriqin Syarif Wahadi.

Kali ini, Tradisi Nadran lebih meriah dari tahun sebelumnya, karena tahun ini ribuan masyarakat Desa Dadap tumpah ruah meriahkan pesta Nadran.

“Alhamdulillah dengan adanya berita bahwa sudah diperbolehkan untuk mengadakan acara-acara publik pun, kita sudah besyukur untuk mengadakan acara seperti ini” ujarnya.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.