Kompas TV nasional peristiwa

Pemprov DKI akan Bebaskan 300 Meter Lahan untuk Normalisasi Sungai

Kamis, 19 Mei 2022 | 10:04 WIB
pemprov-dki-akan-bebaskan-300-meter-lahan-untuk-normalisasi-sungai
Kepala Dinas SDA DKI Yusmada Faizal. (Sumber: KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG)

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air berencana melakukan pembebasan lahan sepanjang 300 meter untuk program normalisasi sungai hingga 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Yusmada Faizal saat rapat kerja bersama Komisi D DPRD DKI Jakarta.

"Rencana kan (pembebasan lahan) kami yang di Jati Kramat, Pak, karena sudah ada pembebasan 300 meter," kata Yusmada saat pemaparan, dikutip Kamis (19/5/2022).

Baca Juga: Soal Normalisasi Sungai di Jakarta, Wagub DKI: Dukungan Pemerintah Pusat Sudah Baik

Program ini merupakan salah satu program penanggulangan banjir yang masuk ke dalam rencana kerja Dinas SDA 2023 dengan anggaran yang disiapkan sebesar Rp 237.832.917.

Yusmada menyebutkan, ada tujuh kelurahan yang menjadi prioritas pembebasan lahan normalisasi.

Tujuh kelurahan itu ialah Kelurahan Cawang dan Rawajati, Kelurahan Kebon Baru, Manggarai, Pengadegan, Bidara Cina, serta Kampung Melayu.

"Programnya itu tentu (terkait) pembebasan lahan, ini dengan kementerian (PUPR) sepakat wujud rencananya dulu yang mana, baru kita dekati dengan program," ujar Yusmada.

Selain normalisasi sungai, Dinas SDA juga akan melaksanakan pembangunan embung serta penampung air lainnya dengan total anggaran yang disiapkan mencapai Rp 673.110.639.897.

Baca Juga: Soal Serapan Anggaran Normalisasi Sungai, Wagub DKI Akui Ingin Berhati-hati dalam Pembebasan Lahan

Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x