Kompas TV bisnis kebijakan

Pertalite Jadi Naik Enggak Sih? Ini Kata Erick Thohir

Kamis, 19 Mei 2022 | 08:03 WIB
pertalite-jadi-naik-enggak-sih-ini-kata-erick-thohir
Petugas melayani pengisian BBM di SPBU Tol Sidoarjo 54.612.48, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (11/4/2022). (Sumber: Kompas.tv/Antara )

Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, sampai saat ini pemerintah belum ada rencana untuk menaikkan harga BBM jenis Pertalite.

"Harga Pertalite sekarang berada di harga Rp7.650, belum ada rencana pemerintah melakukan (penyesuaian), belum ada kenaikan," kata Erick Thohir seperti dikutip dari Antara, Kamis (19/5/2022).

Menurutnya, pemerintah telah mengambil sikap menaikkan harga Pertamax karena masyarakat mampu tidak memerlukan subsidi. Hal itu juga sesuai dengan kenaikan harga minyak. Beberapa negara juga sudah menaikan harga BBM, sehingga harganya ada yang mencapai Rp50.000 atau Rp60.000 per liter.

"Tentu pemerintah, kata dia, mengambil posisi masyarakat yang mampu tidak boleh disubsidi, makanya harga Pertamax dinaikkan," ujar Erick.

Baca Juga: Harga BBM Naik, Presiden Bolsonaro Pecat Menteri Energi Brasil

Bahkan setelah dinaikkan pun, lanjut Erick, masih berada di bawah harga pasar sehingga tetap komponen subsidinya dalam harga Pertamax saat ini.

"Saya sudah sampaikan tidak mungkin pemerintah dengan kondisi pangan dan energi seperti sekarang, pemerintah mendiamkan, tidak melakukan intervensi, tidak mungkin. pemerintah pastinya hadir," tutur Erick.

"Tentu mekanisme kehadirannya melalui berbagai cara. Sebelumnya saat pandemi COVID-19 pemerintah menyediakan obat, vaksin gratis, dan sebagainya," tambahnya.

Erick menyebut,  pemerintah perlu menjaga keuangan negara (APBN) tetap sehat di tengah ketidakpastian ekonomi. Ia pun bersyukur kinerja ekspor RI pada April 2022 mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah yakni sebesar 27,37 miliar dollar AS. 

Baca Juga: Walkot Balikpapan Minta Penjagaan Kilang Diperketat, Risiko Juga Ditanggung Warga

Halaman Selanjutnya


Sumber : Antara

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x