Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Rusia Keceplosan, Akui Gunakan Laser Tempur di Ukraina, Senjata Terbaru dan Rahasia Moskow

Kompas.tv - 19 Mei 2022, 03:30 WIB
rusia-keceplosan-akui-gunakan-laser-tempur-di-ukraina-senjata-terbaru-dan-rahasia-moskow
Rusia hari Rabu (18/5/2022) mengatakan mereka menggunakan generasi baru senjata laser tempur di Ukraina untuk membakar drone, salah satu senjata rahasia Moskow (Sumber: RIA Novosti)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

LONDON, KOMPAS.TV - Pemerintah Rusia mengatakan telah menggunakan generasi baru senjata laser yang kuat di Ukraina untuk membakar drone.

Seperti laporan RIA Novosti, Rabu (18/5/2022), hal itu termasuk mengerahkan beberapa senjata rahasia Moskow untuk melawan banjir senjata dari Barat yang dipasok ke Ukraina.

Presiden Vladimir Putin tahun 2018 meluncurkan serangkaian senjata baru termasuk rudal balistik antarbenua, drone nuklir bawah air, senjata supersonik, dan senjata laser baru.

Sedikit yang diketahui tentang spesifikasi senjata laser terbaru Rusia. Putin menyebutkan salah satu yang disebut adalah Peresvet, dinamai dari seorang biksu prajurit Ortodoks abad pertengahan Alexander Peresvet yang tewas dalam pertempuran mematikan.

Yury Borisov, wakil perdana menteri yang bertanggung jawab atas pengembangan militer Rusia, pada konferensi di Moskow mengatakan, senjata laser Peresvet sudah dikerahkan secara luas dan bisa membutakan satelit hingga 1.500 km di atas Bumi.

Namun, dia mengatakan sudah ada sistem senjata Rusia yang lebih kuat daripada Peresvet yang dapat membakar drone dan peralatan lainnya.

Borisov mengutip hasil sebuah tes senjata yang katanya senjata laser tersebut mampu membakar drone sejauh 5 km dalam waktu lima detik.

"Jika Peresvet membutakan, maka senjata laser generasi baru mengarah pada penghancuran fisik target - penghancuran termal, mereka terbakar," kata Borisov kepada televisi pemerintah Rusia, Selasa (17/5).

Baca Juga: Israel Berhasil Uji Coba Sistem Pertahanan Laser Anti Serangan Udara, Cegat Rudal, Mortir, dan Roket

Yury Borisov, wakil perdana menteri yang bertanggung jawab atas pengembangan militer Rusia, pada konferensi di Moskow mengatakan, senjata laser Peresvet sudah dikerahkan secara luas dan bisa membutakan satelit hingga 1.500 km di atas Bumi. (Sumber: Sputnik News)

Ditanya apakah senjata semacam itu digunakan di Ukraina, Borisov keceplosan menjawab: "Ya. Prototipe pertama sudah digunakan di sana."



Sumber : Straits Times/RIA Novosti


BERITA LAINNYA



Close Ads x