Kompas TV internasional kompas dunia

Pesawat China Eastern Disebut Sengaja Dibuat Jatuh dari Kokpit

Kompas.tv - 18 Mei 2022, 19:08 WIB
pesawat-china-eastern-disebut-sengaja-dibuat-jatuh-dari-kokpit
Petugas menunjukkan kotak hitam kedua pesawat China Eastern yang ditemukan pada Minggu (27/3/2022). Penyelidik Amerika Serikat meyakini seseorang dalam kokpit pesawat sengaja membuat jatuh pesawat China Eastern bulan Maret, tewaskan 132 orang. (Sumber: CCTV via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Penyelidik Amerika Serikat (AS) meyakini seseorang dalam kokpit pesawat sengaja membuat jatuh pesawat penerbangan China Eastern bulan Maret lalu, seperti dilaporkan Straits Times, Rabu (18/5/2022).

Penyelidik yang menyelidiki jatuhnya pesawat China Eastern Airlines sedang memeriksa apakah jatuhnya Boeing 737-800 itu karena tindakan yang disengaja yang diambil di kokpit, karena tidak ada bukti sejauh ini tentang adanya kerusakan teknis, kata dua orang yang diberi pengarahan tentang masalah tersebut.

Penerbangan China Eastern MU5375 sedang melakukan perjalanan dari Kunming ke Guangzhou pada 21 Maret ketika secara misterius jatuh dari ketinggian 29.000 kaki ke lereng gunung, menewaskan semua 132 orang di dalamnya.

Itu adalah bencana penerbangan paling mematikan di China daratan dalam 28 tahun.

Pilot tidak menanggapi panggilan berulang dari pengontrol lalu lintas udara dan pesawat terdekat selama penurunan cepat, kata pihak berwenang.

Satu sumber mengatakan, para penyelidik sedang mencari tahu apakah kecelakaan itu adalah tindakan "sengaja".

Apa yang dibaca dari kotak hitam berisi data penerbangan yang ditemukan dari situs itu dikirim ke AS untuk dianalisis.

Baca Juga: Penyelidik Transportasi AS Pergi ke China untuk Bantu Ungkap Kecelakaan China Eastern Airlines

Ratusan penyelidik menyisir lokasi jatuhnya pesawat China Eastern mencari kotak hitam dan bukti lain. Penyelidik Amerika Serikat meyakini seseorang dalam kokpit pesawat sengaja membuat jatuh pesawat penerbangan China Eastern bulan Maret, tewaskan 132 orang (Sumber: Straits Times)

Data itu menunjukkan bahwa seseorang, mungkin seorang pilot atau seseorang yang memaksa masuk ke kokpit, memasukkan perintah (ke komputer pesawat) untuk membuat Boeing 737-800 terjun menukik, menurut Wall Street Journal, yang mengutip orang-orang yang mengetahui penyelidikan tersebut.

"Pesawat itu melakukan apa yang diperintahkan oleh seseorang di kokpit," kata WSJ mengutip "seseorang yang akrab dengan penyelidikan awal yang dilakukan pejabat AS".

Para pejabat AS yakin kesimpulan mereka didukung oleh fakta bahwa penyelidik China sejauh ini tidak mengindikasikan adanya masalah dengan pesawat atau kontrol penerbangan yang dapat menyebabkan kecelakaan itu, dan perlu diantisipasi untuk penerbangan mendatang, kata surat kabar itu.

Boeing, pembuat pesawat China Eastern yang jatuh, dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat (NTSB) menolak berkomentar dan merujuk semua pertanyaan kepada regulator China.

Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC), yang memimpin penyelidikan, belum segera menanggapi permintaan komentar.

Tangkapan layar dari kisah Wall Street Journal tampaknya disensor baik di platform mirip Twitter China, Weibo, dan aplikasi perpesanan Wechat hari Rabu pagi.

Baca Juga: Kecelakaan China Eastern Airlines: Kotak Hitam Kedua Ditemukan Terkubur 1,5 Meter di Bawah Tanah

Potongan sayap Boeing 737-800 China Eastern Airlines yang jatuh saat persiapan mendarat di Tenggara China. Penyelidik Amerika Serikat meyakini seseorang dalam kokpit pesawat sengaja membuat jatuh pesawat penerbangan China Eastern bulan Maret, tewaskan 132 orang. (Sumber: Jiang Huaipeng/Xinhua via AP)

Topik hashtag "China Eastern" dan "kotak hitam China Eastern" dilarang di Weibo, mengutip pelanggaran hukum yang relevan, dan pengguna tidak dapat berbagi cerita dalam obrolan grup di WeChat.

CAAC mengatakan pada 11 April untuk menanggapi desas-desus di internet tentang kecelakaan yang disengaja, bahwa spekulasi itu "sangat menyesatkan publik" dan "mengganggu pekerjaan investigasi kecelakaan."

Seorang perempuan yang meminta untuk diidentifikasi hanya dengan nama keluarganya, Wen, yang kehilangan suaminya dalam kecelakaan itu, mengatakan pada Rabu bahwa dia belum melihat laporan Wall Street Journal. Namun, ia berharap hasil penyelidikan akan segera dirilis.



Sumber : Straits Times/Wall Street Journal

BERITA LAINNYA



Close Ads x