Kompas TV nasional politik

Politikus PDIP Sebut Indonesia Tak Bisa Intervensi Singapura yang Tolak Kedatangan Ustaz Abdul Somad

Rabu, 18 Mei 2022 | 17:49 WIB
politikus-pdip-sebut-indonesia-tak-bisa-intervensi-singapura-yang-tolak-kedatangan-ustaz-abdul-somad
Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Tubagus Hasanuddin alias TB Hasanuddin. (Sumber: TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengatakan, keputusan Singapura menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad alias UAS merupakan kewenangan dari negara tersebut.

Hal itu tak bisa dintervensi oleh pihak siapapun termasuk Indonesia.

"Nah ini tidak bisa diintervensi oleh negara-negara lainnya, murni itu adalah kewenangan dari Singapura," kata TB Hasanuddin di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Politikus PDIP itu menjelaskan, aturan yang berlaku dalam hukum internasional itu membolehkan Singapura untuk menunjukkan kedaulatannya terhadap suatu negara.

Setiap negara dibenarkan oleh hukum internasional menolak dan membolehkan warga negara asing masuk wilayahnya.

Baca Juga: Kata Fahri Hamzah Soal UAS Ditolak Masuk Singapura

"Perlu kami jelaskan dalam aturan keimigrasian, apa yang dilakukan oleh pemerintah Singapura itu (terhadap UAS) bukan mengeluarkan ya dari wilayahnya tapi menolak di perbatasan untuk masuk ke wilayah Singapura," ujarnya.

Menurut dia, UAS berhak untuk bertanya kepada Singapura melalui perwakilan negara tersebut yang terdekat, yaitu ada di Jakarta. 

"Nanti Singapura melalui perwakilannya memberikan penjelasan, dan boleh juga diklarifikasi ulang apabila ada hal-hal yang tidak pas," kata dia.

Sebelumnya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Suryopratomo atau Tommy buka suara perihal Ustaz Abdul Somad yang mengaku dideportasi dari Singapura.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x