Kompas TV regional berita daerah

Imbas Pelonggaran, Wisatawan Malioboro Berani Lepas Masker

Rabu, 18 Mei 2022 | 15:54 WIB
imbas-pelonggaran-wisatawan-malioboro-berani-lepas-masker
Sebagian pengunjung dan wisatawan Malioboro Yogyakarta sudah berani lepas masker (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Imbas dari pelonggaran penggunaan masker yang diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (17/5/2022) sampai ke Kawasan Malioboro Yogyakarta.

Berdasarkan pantauan KOMPAS.TV di lapangan, sebagian wisatawan dan pengunjung Malioboro sudah berani beraktivitas tanpa menggunakan masker.

Dani dan Risma, misalnya, wisatawan asal Bandung yang sedang berbulan madu di Yogyakarta. Mereka senang dengan kebijakan pelonggaran masker karena menjadi pertanda aktivitas masyarakat kembali normal seperti sebelum pandemi Covid-19.

“Tapi tetap saja harus menjaga kondisi badan,” ujar keduanya, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga: Lepas Masker Diperbolehkan, Satgas Covid-19: Pandemi Belum Usai, Ayo Vaksinasi

Berbeda dengan pasangan suami istri dari Bandung, Ika, wisatawan asal Medan, justru memilih untuk tetap mengenakan masker sekalipun sudah ada kebijakan pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka.

Ia yang sedang berlibur bersama anak dan suaminya memilih tetap menggunakan masker sebagai antisipasi penyakit baru hepatitis akut yang bisa menular melalui udara.

“Jadi saya lebih khawatir ke anak-anak,” ucapnya.

Seperti yang diketahui, selama pandemi Covid-19, pengawasan penggunaan masker di kawasan Malioboro Yogyakarta sangat ketat. Petugas berjaga di setiap sudut.

Baca Juga: Jokowi Bolehkan Warga Lepas Masker di Luar Ruangan, Tak Wajib Tes PCR atau Antigen saat Bepergian

Namun, sejak ada pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka, pengawasan di kawasan Malioboro tidak seketat sebelumnya.

 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x