Kompas TV regional peristiwa

Antisipasi Wabah PMK, Bantul Menolak Ternak dari Daerah Terjangkit

Kompas.tv - 18 Mei 2022, 13:48 WIB
antisipasi-wabah-pmk-bantul-menolak-ternak-dari-daerah-terjangkit
Dokter hewan memeriksa kondisi ternak terkait penyakit mulut dan kuku di kandang sapi di Desa Murtigading, Sanden, Bantul, DIY, Rabu (18/5/2022) (Sumber: ANTARA/Hery Sidik)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

BANTUL, KOMPAS.TV-Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Joko Waluyo, menyampaikan bahwa daerahnya untuk sementara tidak menerima hewan ternak dari daerah lain untuk mengantisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), Rabu (18/5/2022).

"Kami juga mempertegas, bahwa Kabupaten Bantul tidak akan menerima ternak dari daerah-daerah yang sudah ditemukan terjangkit PMK seperti dari Jawa Timur," kata Joko usai pemeriksaan ternak di kandang sapi wilayah Sanden, Bantul, Rabu (18/5/2022) dikutip dari Antara.

Joko menambahkan, saat ini hewan ternak di Bantul belum terjangkit PMK. Ia juga menerangkan, langkah antisipasi tersebut bertujuan untuk memastikan ternak-ternak di Bantul bebas dari PMK menjelang hari raya Idul Adha.

Baca Juga: Khawatir PMK Menular ke Manusia? Simak Penegasan Dinas Ketahanan Pangan DKI Ini

Untuk ternak dari luar daerah yang belum ditemukan wabah PMK, Joko menyampaikan bahwa pihaknya akan selektif. DKPP akan meminta surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari dokter hewan untuk memastikan kondisi kesehatan ternak yang masuk wilayah Bantul.

"Kita sementara tidak memberikan SKKH untuk keluar ternak, dan ternak masuk pun SKKH itu harus ada, dan itu pun sementara ternak kita isolasi, kita sendirikan dengan ternak yang ada," kata Joko.

Joko menjelaskan, selain untuk memastikan kondisi kesehatan ternak ketika sudah berada di kandang, langkah isolasi juga dilakukan agar ternak yang sakit tidak menularkan penyakit ke ternak lain.

"Jadi apakah ternak itu yang datang atau masuk ke Bantul benar-benar sehat atau tidak harus dipastikan, karena terus terang Bantul sudah kejepit, Kulon Progo sudah ada PMK yang kebetulan hanya dekat di daerah Galur, jadi jangan sampai masuk Bantul," katanya.

Baca Juga: Wabah PMK Tak Pengaruhi Stok dan Permintaan Daging Sapi di Semarang

Dia juga mengatakan, sudah membentuk tim unit reaksi cepat (URC) di masing-masing kecamatan di Bantul. 

Dokter-dokter hewan di pusat kesehatan hewan menjadi koordinator URC yang bertugas memantau dan memeriksa kondisi ternak di wilayah masing-masing secara rutin.

"Dan pemeriksaan ini salah satu bentuk kegiatan kami mewujudkan Bantul bebas PMK. Jadi masyarakat Bantul tidak usah ragu untuk Idul Adha, insyaallah ternak di Kabupaten Bantul sehat," pungkasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.