Kompas TV regional berita daerah

Pemkot Solo Edukasi Warga Cegah Penularan Hepatitis Akut

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:35 WIB

Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, terus mengedukasi dengan cara melakukan sosialisasi kepada warga, terutama yang memiliki anak kecil terkait gejala dan pencegahan  penularan penyakit hepatitis akut.

Tim dari Rumah Sakit Umum Daerah Bung Karno Solo terus berkeliling melakukan sosialisasi bahaya hepatitis akut pada anak di tengah area car free day. Sambil membawa poster, mereka mengedukasi warga terkait bahaya dan cara pencegahan penyakit hepatitis akut pada anak yang kini merebak di dunia. Para orangtua pun diimbau untuk memperhatikan kebersihan makanan dan mengajarkan anak untuk selalu mencuci tangan.

Adapun gejala dari hepatitis akut secara umum sama dengan hepatitis A. Namun, ada kerusakan fungsi hati yang akut, sehingga bisa menimbulkan kematian pada anak-anak di bawah umur.

"Yang paling penting adalah pencegahan. Komunikasi, informasi, edukasi itu salah satu upaya dari pencengahan hepatitis yang masih misteri ini. Hepatitis ini bedanya dia dapat menyebabkan kegagalan fungsi hati yang akut," kata Wahyu Indianto, Direktur RSUD Bung Karno Solo.

Disaat sekolah sudah melakukan pembelajaran tatap muka, orangtua dituntut untuk intens melakukan pengawasan pada anak. Terutama dalam hal budaya hidup bersih, serta memilih makanan yang higienis dan bebas penyakit.

#hepatitis #solo #rsudbungkarno

 

 

 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x