Kompas TV regional berita daerah

Jangan Panik, Ganjar Minta Peternak Lapor Jika Ada Gejala PMK

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta masyarakat untuk tidak panik, jika menemukan kasus penyakit mulut dan kuku atau PMK pada hewan ternak, yang sudah mulai masuk ke Jawa Tengah.

Ganjar menegaskan, dari kasus penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak, sudah ada hewan ternak yang diobati dan sembuh. Sehingga masyarakat diminta untuk tidak panik, dan pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan kementerian terkait, untuk penanganan kasus penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak. Ganjar juga meminta petani dan peternak yang hewan ternaknya menunjukkan gejala penyakit mulut dan kuku, agar segera menghubungi dokter hewan atau penyuluh dan dinas terkait untuk dikaratina dan diobati secepatnya.

"Masih dalam pantauan terus menerus. Jadi masyarakat ga usah panik ya, ga usah panik ga apa-apa. Itu sudah ada yang bisa diobati, bahkan ada yang diobati sembuh kok," kata Ganjar.

Diketahui, beberapa waktu lalu Ganjar mendeteksi kasus penyakit mulut dan kuku ditemukan di tiga kabupaten di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Boyolali, Kabupaten Rembang dan Kabupaten Sragen.

#ganjarpranowo #gubernurjateng #pmk

 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x