Kompas TV regional berita daerah

Kendaraan Pengangkut Hewan Disemprot Disinfektan

Kompas.tv - 18 Mei 2022, 10:14 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Petugas gabungan dari Dinas Pertanian Peternakan dan pangan Kabupaten Kudus beserta aparat kepolisian Resort Kudus, Jawa Tengah, melakukan penyemprotan disinfektan terhadap seluruh kendaraan yang masuk ke area pasar hewan, di Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus.

Tidak hanya kendaraan dari luar kota, seluruh kendaraan pengangkut hewan ternak satu persatu disemprot cairan disinfektan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kendaraan pengangut hewan ternak dalam keadaan steril dan terbebas dari penyakit mulut dan kuku atau PMK.

Selain itu, petugas juga mengecek kesehatan secara acak hewan yang diperjual belikan di pasar hewan. Dari hasil pengecekan, petugas tidak menemukan indikasi adanya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di pasar hewan ini.

"Terkait dengan PMK, kita bekerjasama dengan dinas pertanian melakukan pengecekan di pasar hewan. Untuk kendaraan yang mengangkut atau membawa hewan yang baru masuk kita cek, kita periksa, kita semprot dengan disinfektan," ujar AKP Sucipto, Kapolsek Mejobo Kudus.

Petugas juga mengimbau kepada seluruh pedagang maupun peternak agar lebih waspada dan selalu mengawasi ternaknya. Apabila ditemukan hewan ternak yang kurang sehat, agar segera menghubungi petugas.

#pmk #kudus #pasarhewan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x