Kompas TV regional berita daerah

Duta Kota Denpasar Siap Pentas Pada Pesta Kesenian Bali

Kompas.tv - 18 Mei 2022, 08:46 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Walikota denpasar bersama jajaran hadiri langsung pembinaan gong kebyar duta kota denpasar yang dilakukan oleh tim kesenian provinsi bali, dari hasil pembinaan tersebut sebanyak 23 materi  termasuk tiga duta gong kebyar perwakilan kota denpasar dinyatakan siap pentas pada pesta kesenian bali yang ke 44 tahun 2022.

Tiga duta gong kebyar yang akan menjadi duta kota denpasar pada utsawa atau parade gong kebyar pada pesta kesenian bali (pkb) ke 44 tahun 2022 mendapatkan pembinaan dari tim kesenian provinsi bali di wantilan sewaka prema, desa adat renon denpasar.

Ketiga barungan gong kebyar yang akan berkolaborasi untuk tampil bersama yakni, sekaa gong kebyar dewasa cittha gurnita kanti dari desa dauh puri kauh, sekeha gong kebyar anak-anak buana swara murti  dari banjar ambengan desa peguyangan kangin, dan sekeha gong wanita gita widya swari dari lpm kelurahan renon.

PKB pada tahun 2022 ini ada sedikit perbedaan saat pementasan gong kebyar yakni tidak mebarung dengan kabupaten lainnya, hanya berkolaborasi antara  sekeha dalam satu kabupaten atau kota, untuk itu walikota denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, berharap kedepannya parade gong kebyar dalam pementasannya agar dikembalikan seperti tahun tahun sebelumnya yakni tetap mebarung agar ada semangat dan motivasi pada anak-anak dalam latihan. Walikota denpasar juga menegaskan sebanyak 23 materi akan diikuti oleh duta kota denpasar pada pesta kesenian bali tahun 2022.

Salah satu peserta, Gek Sasy yang ikut menari pada fragmentari amertaning wimala bhuana, dengan memerankan tarian lebah, setiap hari berlatih selama sebulan. Sekeha gong duta kota denpasar dalam mewakili parade gong kebyar di pesta kesenian bali tahun 2022 ini, peserta penabuh, penari wajib diikuti dari masing-masing satu desa adat atau kelurahan agar nantinya usai pembinaan terus dapat dipergunakan ngayah di desa.

 

 

 

 

#pestakesenianbali2022  #walikotadenpasar #igustingurahjayanegara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x