Kompas TV nasional update

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Rabu 18 Mei 2022, Waspadai Hujan Lebat di Wilayah Ini

Kompas.tv - 18 Mei 2022, 05:12 WIB
peringatan-dini-cuaca-ekstrem-rabu-18-mei-2022-waspadai-hujan-lebat-di-wilayah-ini
Ilustrasi hujan lebat terjadi di daerah Jakarta Pusat. (Sumber: KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, Rabu (18/5/2022).

Dalam siaran persnya, BMKG memprediksi sebanyak 21 wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang bisa disertai petir atau kilat dan angin kencang. Sementara terdapat 4 wilayah yang berpotensi mengalami hujan disertai kilat.

Peringatan dini tersebut dikeluarkan setelah BMKG memantau sirkulasi siklonik di Kalimantan Barat bagian selatan Selat Karimata.

Baca Juga: Daftar 20 Kota Terpanas di Indonesia Versi BMKG: Ciputat Teratas dengan 36 Derajat Celcius

Sirkulasi siklonik tersebut membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Bengkulu hingga Sumatera Barat, Kalimantan Barat bagian selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara bagian barat.

Untuk diketahui kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di daerah konvergensi.

Selain itu sirkulasi siklonik juga terpantau memanjang dari Lampung hingga Bengkulu, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, di Jawa Timur, di Selat Makassar, di Utara NTB, di NTT bag barat, di Sulawesi bag tengah, di Laut Timor, di Papua Barat dan di Papua.

Baca Juga: Cuaca Tidak Menentu Demam Berdarah Merebak

Daftar wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem

- Sumatera Barat

- Jambi

- Sumatera Selatan

- Kep. Bangka Belitung

- Lampung

- Banten

- Jawa Tengah

- Jawa Timur

- Bali



Sumber : BMKG

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.