Kompas TV nasional hukum

Bukti Lin Che Wei Terlibat Kasus Korupsi Ekspor CPO, Tiap Rapat Penting di Kemendag Kerap Dilibatkan

Kompas.tv - 18 Mei 2022, 05:20 WIB
bukti-lin-che-wei-terlibat-kasus-korupsi-ekspor-cpo-tiap-rapat-penting-di-kemendag-kerap-dilibatkan
Petugas dari Kejaksaan Agung (Kejagung) membawa Lin Che Wei alias Weibinanto Halimdjati yang baru saja ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi ekspor CPO minyak goreng menuju lokasi penahanan, Selasa (17/5/2022). (Sumber: YouTube Kejaksaan Agung RI)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kejaksaan Agung (Kejagung) menemukan alat bukti keterlibatan Lin Che Wei alias Weibinanto Halimdjati dalam kasus dugaan korupsi pemberian fasilitas ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya selama periode Januari 2021 sampai Maret 2022.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Febrie Adriansyah, mengatakan tersangka Lin Che Wei ternyata punya hubungan dengan Indrasari Wisnu Wardhana (IWW).

Baca Juga: Kejagung Tetapkan Lin Che Wei Tersangka Korupsi Ekspor CPO, Ini Perannya

Indrasari diketahui merupakan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Pedaganga yang telah ditetapkan tersangka pada April 2022.

"Kebetulan dia (Lin Che Wei) ini kan sudah ada alat bukti, ternyata ada hubungan dengan tersangka Dirjen dalam pengurusan DMO itu yang melawan hukum," kata Febrie di Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Sebagai informasi, DMO adalah aturan yang mewajibkan kepada seluruh produsen minyak sawit mentah yang melakukan ekspor agar mengalokasikan 30 persen dari volume produksinya untuk kebutuhan dalam negeri.

Febri menuturkan dalam menangani kasus ini, penyidik sangat berhati-hati betul. Terutama dalam menelusuri peran dan keterlibatan pihak-pihak terkait dalam perkara tersebut.

Baca Juga: Dugaan Mafia Migor Sponsori Penundaan Pemilu, Masinton Minta Kejagung Usut Tuntas

Dari penelusuran itulah, kata Febri, akhirnya ditemukan alat bukti keterlibatan Lin Che Wei selaku penasihat kebijakan/analisa pada Independent Research & Advisory Indonesia.

"Ini kan sesuai alat bukti. Makanya penyidik juga hati-hati, nanti dari alat bukti itu dilihat siapa lagi yang bertanggung jawab," ujarnya.

Selain itu, mantan Direktur Penyidikan Jampidsus itu juga menemukan bukti Lin Che Wei kerap dilibatkan dalam setiap rapat penting terkait DMO di Kementerian Perdagangan.

Saat ini, kata dia, pihaknya masih menelusuri apakah hubungan Lin Che Wei dengan Dirjen Perdagangan Luar Negeri merupakan hubungan pribadi atau lainnya.



Sumber : Kompas TV/Berbagai sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x