Kompas TV nasional berita utama

Hari Ini Pelonggaran Aturan Pemakaian Masker Dimulai, IDI: Keputusan Presiden Jokowi Sudah Tepat

Kompas.tv - 18 Mei 2022, 05:05 WIB
hari-ini-pelonggaran-aturan-pemakaian-masker-dimulai-idi-keputusan-presiden-jokowi-sudah-tepat
Foto ilustrasi. Presiden Joko Widodo atau Jokowi berjalan sembari bersiap memakai masker didampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) saat mengunjungi Pasar Cibinong di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5/2022). Mulai hari ini, Rabu (18/5/2022), sesuai kebijakan Presiden Jokowi, pelonggaran aturan penggunaan masker mulai dilakukan terutama di ruang terbuka. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Gading Persada | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia akan memulai babak baru pandemi Covid-19 dengan adanya pelonggaran aturan pemakaian masker yang akan dimulai hari ini, Rabu (18/5/2022).

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pun menyebut keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal pelonggaran pemakaian masker terutama di ruang terbuka sudah tepat.

Hal itu disampaikan Ketua Satgas Covid-19 IDI Zubairi Djoerban dengan mempertimbangkan berbagai indikator penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang angkanya dinilai sudah cukup baik pada saat ini. 

“Keputusan yang tepat, berdasarkan data harian yang turun terus. Kemarin sempat naik, tapi hari ini turun lagi (kasus baru Covid-19) di bawah 300. Jadi, kasus baru turun banyak,” kata Zubairi ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (17/5/2022) malam. 

Turunnya positivity rate serta banyaknya rumah sakit yang tidak terisi pasien Covid-19 juga dinilainya sebagai dasar Presiden mengeluarkan kebijakan pelonggaran aturan pemakaian masker.

Baca Juga: Aturan Penggunan Masker Diperlonggar, Ini Pernyataan Lengkap Jokowi

“Kedua, positivity rate juga sangat turun hingga kurang dari 3 persen. Keterisian rumah sakit rujukan juga kurang dari 3 persen, bahkan banyak rumah sakit yang kosong pasien Covid-19,” ungkapnya. 

Kemudian, kasus aktif Covid-19 atau jumlah warga yang saat ini sedang terinfeksi Covid-19 juga turun, sementara capaian vaksinasi sudah tinggi.

“Jadi semuanya mendukung,” ujar dia. 

Namun, Zubairi menyebut keputusan tepat Jokowi juga disertai sedikit catatan, yakni soal potensi kenaikan kasus Covid-19 pada 15-30 hari ke depan imbas mudik Lebaran 2022 yang dihitung sejak awal bulan Ramadan 2022. 

Baca Juga: Epidemiolog: Pelonggaran Aturan Penggunaan Masker Picu Peningkatan Kasus Covid-19 di Sejumlah Negara

“Kalau ada kenaikan dalam setengah atau sebulan lagi, harus dibuat PPKM lagi. Tapi, kemungkinan untuk itu sepertinya kecil,” kata dia.

Sebelumnya, seperti juga diberitakan KOMPAS.TV, kebijakan pelonggaran aturan pemakaian masker di luar ruangan diungkapkan Presiden Jokowi, Selasa sore (17/5). Namun, hal itu hanya berlaku jika di tempat tersebut tidak padat orang.

Selebihnya, di dalam ruangan, Jokowi menegaskan bahwa masker tetap wajib dikenakan.
 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x