Kompas TV olahraga kompas sport

Flairene Sukses Raih Emas SEA Games 2021 untuk Indonesia, Meski Baru

Kompas.tv - 17 Mei 2022, 23:35 WIB
flairene-sukses-raih-emas-sea-games-2021-untuk-indonesia-meski-baru
Flairene Candrea Wonomiharjo mempersembahkan medali emas untuk Indonesia dalam final cabang olahraga (cabor) renang nomor 100 meter gaya punggung putri SEA Games 2021 Voetnam, Selasa (17/5/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

HANOI, KOMPAS.TV - Atlet renang Indonesia, Flairene Candrea Wonomiharjo, berhasil meraih medali emas SEA Games 2021 di Vietnam, usai keluar sebagai yang tercapat dalam nomor 100 meter gaya punggung putri.

Prestasi tersebut tentu menjadi pencapaian berharga bagi Flairene, mengingat ia masih tergolong baru di pentas kejuaraan renang lintasan, baik di tingkat dalam maupun luar negeri seperti SEA Games kali ini.

Flairene mengungkapkan, persiapannya untuk turun di cabang olahraga (cabor) renang SEA Games 2021 ini baru berjalan sejak tiga bulan terakhir.

"Saya baru masuk pelatnas (pemusatan latihan nasional) renang pada awal 2022, karena tahun sebelumnya masih fokus di (cabor) renang artistik," kata Flairene, melansir Antara, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: SEA Games 2021: Sempat Batal Dipertandingkan, Eki Febri Sumbang Medali Emas dari Tolak Peluru

Alhasil, keputusan itu kini berbuah manis. Flairene mampu mencapai hasil optimal dalam debutnya di SEA Games 2021 sebagai atlet renang.

Flairene sukses mengunci medali emas untuk Indonesia setelah mencatatkan waktu tercepat, yakni 1 menit 3,36 detik.

Catatan waktu Flairene itu lebih unggul dari dua perenang Filipina yang berhak atas medali perak dan perunggu.

Mereka adalah Isleta Doromal dengan catatan waktu 1 menit 3,78 detik dan Geriane Taquba J yang mencatatkan waktu 1 menit 3,86 detik.

Baca Juga: Hasil Bola Voli Putra SEA Games 2021: Tumbangkan Malaysia, Indonesia Sempurna di Grup A

Awal mula 'kepindahan' Flairene ke cabor renang lintasan

Flairene menceritakan, keputusannya untuk 'pindah' ke cabor renang lintasan bermula dari tawaran pelatih Albert C Sutanto yang melihat potensinya.

Padahal, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 Papua kemarin, Flairene masih sempat turun di cabor renang artistik nomor beregu dan berhasil mendapatkan medali emas.

"Pas di (cabor) renang artistik itu, aku renang (lintasan) juga. Jadi, karena di renang aku bagus, lalu coach Alberts bilang 'Flai, udah kamu ke renang aja'," terang Flairene.

Tak ingin melepaskan kesempatan emas itu, Flairene pun langsung menerima tawaran dari sang pelatih dan bertekad untuk berusaha penuh menjadi atlet renang yang hebat.

Sementara itu, Albert C Sutanto pun percaya bahwa Flairene memiliki kemampuan untuk menjadi atlet renang lintasan dan pasti dapat terus berkembang.

"Saya punya insting, feeling, dia (Flairene) begitu smooth di atas air. Terutama daya apungnya. Saya rasa, dia bisa (menjadi atlet renang hebat)," tegas Albert.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x