Kompas TV regional peristiwa

Cara Ganjar Pranowo Tangani PMK di Jawa Tengah: Kalau Sapi Ada Masalah Segera Kontak Penyuluh

Kompas.tv - 17 Mei 2022, 17:23 WIB
cara-ganjar-pranowo-tangani-pmk-di-jawa-tengah-kalau-sapi-ada-masalah-segera-kontak-penyuluh
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar meminta para pemilik ternak di provinsi itu untuk melapor ke penyuluh peternakan jika hewan ternak mereka khususnya sapi bermasalah sebagai langkah pencegahan terjadinya penyakit mulut dan kulit (PMK). (Sumber: Kompas TV/Prahayuda Febrianto)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

SEMARANG, KOMPAS.TV — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerjunkan penyuluh untuk memantau dan menangani penyakit mulut dan kuku (PMK) di provinsi tersebut. 

Menurut Ganjar, langkah itu dilakukan apabila ada peternak yang mengalami masalah maka langsung bisa menghubungi penyuluh.

“Saya ingin kalau nanti ada petani atau peternak yang memang sapinya ada masalah, segera kontak penyuluh dan kontak dinas,” ujar Ganjar dalam keterangan tertulis, Selasa (17/5/2022).

Lebih lanjut, Ganjar menjelaskan penyuluh yang diterjunkan langsung ke masyarakat nantinya dapat secara langsung mengecek kondisi hewan ternak untuk memastikan dalam kondisi sehat.

Baca Juga: Hewan Ternak di Jateng Terjangkit PMK, Ganjar: Sudah Ada yang Diobati dan Sembuh

Untuk diketahui, tim penyuluh diterjunkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah buntut dari PMK yang sudah terdeteksi di beberapa wilayah khususnya di Jateng.

Dalam melakukan kerjanya, Ganjar menyebut tim penyuluh juga didampingi tim dari Polda Jawa Tengah, salah satunya untuk terus bersinergi dalam memantau dan menangani penyakit tersebut.

“Kita juga sudah bicara dengan Kapolda, Krimsus (Direktorat Kriminalisasi Khusus) -nya sudah siap untuk menjaga itu. Kita kerja bareng,” ungkapnya.

Ganjar tidak menyangkal penyakit mulut dan kuku yang menjangkit hewan, ditemukan di banyak daerahnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x