Kompas TV regional berita daerah

Produksi Susu Sapi Perah Tidak Terpengaruh PMK

Kompas.tv - 17 Mei 2022, 16:58 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Merebaknya penyakit mulut dan kuku tidak berpengaruh pada kalangan peternak sapi perah di Jember, Jawa Timur. Produksi dan permintaan susu masih dalam batas normal. Namun, ancaman penularan virus menjadi perhatian khusus dengan menjaga kebersihan kandang, kondisi kesehatan ternak dan pemberian vitamin.

Aktivitas normal masih terlihat di peternakan sapi perah Best Cow Farm di Kecamatan Ajung, Jember, Jawa Timur, Senin (16/5/2022) siang.

Para pekerja peternakan terlihat melakukan perawatan rutin ternak sapi diantaranya kebersihan kandang, memandikan sapi dan pemberian pakan.

Kondisi hewan ternak sapi terlihat sehat dan menyantap pakan ternak yang mengandung nutrizi bergizi diantaranya paduan rumput gajah, ampas tahu, limbah kulit kedelai.

Merebaknya penyebaran virus penyakit mulut dan kuku di sejumlah wilayah salah satunya di Kabupaten Lumajang, seakan tidak berpengaruh pada peternak sapi perah.

Terlihat dari produksi susu yang dihasilkan di peternakan ini antara 200 hingga 250 liter perhari untuk pemenuhan kebutuhan konsumen baik di kota jember maupun sejumlah wilayah lainnya.

Meski belum berpengaruh, namun sejumlah langkah antisipasi virus penyakit mulut dan kuku telah dilakukan peternak diantaranya tetap menjaga kondisi kandang tetap bersih dan pemberlakukan protokol kesehatan sesuai standar peternakan sapi perah.

#beritajember

#sapiperah

#sususapi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x