Kompas TV regional berita daerah

Jalur Pengiriman Hewan Di Lockdown

Kompas.tv - 17 Mei 2022, 16:19 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Adanya wabah penyakit mulut dan kuku pada ternak di Jawa Timur yang menyebabkan jalur lalu lintas pengiriman hewan di lockdown oleh pemerintah, membuat para exsportir hewan sapi mengalami kerugian pakan ternak mencapai 2 juta rupiah per harinya.

Adanya wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan yang kini lebih banyak terjangkit pada hewan ternak sapi di daerah Jawa Timur, membuat pemerintah melockdown atau menutup sementara jalur lalu lintas pengiriman hewan antar pulau.

Akibat merebaknya penyakit mulut dan kuku, sejak 10 mei 2022 pengiriman hewan dari bali menuju pulau jawa melalui jalur darat, sementara diberhentikan. Salah satu perwakilan exsportir hewan sapi, solihin yang ditemui minggu pagi di pasar hewan beringkit badung mengaku mengalami kerugian pakan ternak sebesar dua juta rupiah perhari. Ia berharap kepada Gubernur bali untuk memberikan solusi atau ijin untuk bisa kembali membawa hewan sapi keluar bali melalui jalur darat.

Saat ditemui tim kompas dewata, solihin dapat membeli sapi 53 ekor. Ia berharap segera mendapatkan ijin untuk bisa membawa sapi keluar bali agar tidak semakin merugi pada biaya pakan hewan yang kini masih ia titipkan. Solihin pada hari normal biasanya bisa membawa sapi keluar bali empat truk atau sekitar 60 ekor sapi.

 

 

 

 

 

#pemkabbadung #hargasapimenurun #wabahpenyakitmulutdankuku



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x