Kompas TV video vod

Yuk, Pahami Arti Kata Jalur dan Lajur Menurut KBBI

Selasa, 17 Mei 2022 | 15:35 WIB

Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Mudik Lebaran erat kaitanannya dengan kemacetan, macet terjadi dimana-mana, di jalan tol atau bahkan di jalan arteri.

Jalan tol yang menjadi jalan bebas hambatan, justru kerap macet saat mudik Lebaran. Sejumlah jalur penuh dengan kendaraan.

Bahkan untuk mengantisipasi macet, petugas kerap memanfaatkan sejumlah lajur untuk diberlakukan contraflow atau lawan arus dan sistem jemput bola di beberapa pintu tol.

Baca Juga: Nama JIS Dikritik karena Tidak Pakai Bahasa Indonesia, Wagub DKI Jelaskan Alasannya

Dalam Selasa Bahasa kali ini kita akan membahas apa sih arti kata jalur dan lajur sudah tahu belum?

Dan ternyata masih ada sebagian warga yang belum tau nih apa arti kata dari jalur dan lajur.

Nah untuk mengetahui makna dari kata jalur dan lajur serta penggunaannya, hingga contoh kalimat yang tepat mari kita simak penjelasan lebih lengkap dari penyelaras bahasa KompasTV.

Jalur memiliki banyak arti seperti kolom yang lurus, garis lebar, setrip lebar atau ruang diantara dua garis pada permukaan yang luas.

Mengacu pada definisi tersebut, jalur bisa diartikan sebagai bagian jalan yang dipergunakan untuk lalu lintas kendaraan.

Sementara kalau lajur adalah bagian yang memanjang dengan atau tanpa marka jalan yang memiliki lebar cukup untuk satu kendaraan bermotor.

Untuk memudahkan memahaminya, lajur merupakan bagian dari jalur. Nah itu dia kata yang dibahas dalam Selasa Bahasa kali ini. Agar terus lestari, yuk kita gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x