Kompas TV regional berita daerah

Peternak Hentikan Jual Beli Ternak Dari Luar Daerah

Kompas.tv - 17 Mei 2022, 15:02 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Maraknya penyakit mulut dan kuku, yang menjangkiti ternak sapi di sejumlah daerah, membuat para peternak di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menjadi resah, salah satunya adalah Zaenal Arifin, pemilik peternakan sapi perah di Kecamatan Kaliwungu Kudus.

 

Selain melakukan pengecekan kesehatan ternak secara berkala, untuk sementara waktu pihaknya akan menghentikan jual beli sapi dari luar daerah, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak.

 

Sementara itu untuk mengantisipasi peredaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak, Dinas Pertanian Peternakan Dan Pangan Kabupaten Kudus, terus melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak, dan hingga hari ini belum ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku di wilayah Kudus.

 

Meski demikian para peternak diimbau untuk waspada dengan mengenali gejala penyakit mulut dan kuku pada ternak mereka, dan segera melaporkan kepada petugas bila menemukan gejala penyakit pada ternak mereka.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.