Kompas TV regional berita daerah

DKP3 Periksa Hewan Ternak Untuk Antisipasi PMK

Kompas.tv - 17 Mei 2022, 14:50 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI,KOMPAS.TV - Wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK, yang menyerang hewan ternak, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Dan Perikanan, Kota Sukabumi, Jawa Barat, memeriksa seluruh sapi yang akan di potong di rumah potong hewan. Di rumah potong hewan ini, dokter hewan memeriksa secara teliti satu persatu sapi yang baru datang dari Luar Kota seperti Lampung dan Bali. Pemeriksaan meliputi mulut dan kuku ini, untuk memastikan bahwa setiap sapi yang akan dipotong tidak terjangkit PMK.

Selain pro aktif melakukan pemeriksaan kesehatan milik peternak, petugas juga akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan secara ketat hewan ternak yang masuk ke Kota Sukabumi, dengan memastikan hewan ternak tersebut mengantongi surat keterangan sehat dari Dinas Pertanian setempat. Pasalnya pasokan hewan ternak sapi di Sukabumi, mayoritas dipasok dari daerah lain, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

DKP3 Kota Sukabumi belum adanya laporan terkait wabah PMK. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyebaran wabah penyakit tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.