Kompas TV regional berita daerah

Arinal Djunaidi Apresiasi Implementasi e-KPB Pringsewu

Selasa, 17 Mei 2022 | 14:46 WIB

Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV, LAMPUNG – Pada Kamis (12/5/2022) lalu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri kegiatan implementasi Elektronik Kartu Petani Berjaya (e-KPB) secara serentak se-Kabupaten Pringsewu.

Pada kegiatan ini, gabungan kelompok tani di 9 kecamatan se-Kabupaten Pringsewu melakukan pemesanan pupuk bersubsibdi melalui Kartu Petani Berjaya (KPB) secara daring.

KPB sendiri merupakan salah satu program unggulan Gubernur Lampung untuk mendorong kesejahteraan petani melalui visi Rakyat Lampung Berjaya.

Baca Juga: Terekam CCTV, Motor Trail Raib Digasak Pencuri

Sesuai data 2021, total penebusan pupuk bersubsidi Kabupaten Pringsewu melalui aplikasi e-KPB  oleh 89.146 petani ini mencapai 2.589 transaksi dengan nominal sebesar 15 miliar rupiah atau 53,5 persen dari total transaksi melalui e-KPB Provinsi Lampung sebesar Rp 28.042.321.920,-.

Sementara di tahun 2022, penebusan pupuk bersubsidi Kabupaten Pringsewu melalui e-KPB terhitung sejak Januari sampai dengan 10 Mei 2022 telah dilakukan transaksi oleh 4.087 petani dengan nilai transakasi Rp 742 juta rupiah atau sebesar 39,6% dari nilai total penebusan pupuk melalui e-KPB Provinsi Lampung sebesar Rp 1.779.238.000,-.

Saat dijumpai, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi Bupati Pringsewu yang telah mendorong Kartu Petani Berjaya dengan baik untuk kesejahteraan petani.

Baca Juga: Pra Rekontruksi Ungkap Kasus Pembunuhan Anggota TNI

“Ini adalah solusi bagaimana petani dapat mendapatkan sarana produksinya. Tidak hanya itu, Kartu Petani Berjaya juga bisa memfasilitasi terkait permodalan,” kata Arinal.

"KPB ini sangat membantu. Oleh karena itu, masyarakat Lampung wajib memiliki e-KPB agar tidak ada lagi kesulitan untuk usaha tani," imbuhnya. 

Setidaknya, terdapat enam layanan pada KPB yang dapat dirasakan oleh petani, di antaranya kemudahan mendapatkan sarana produksi pertanian, akses permodalan, bantuan pembinaan dan pendampingan manajemen usaha dan teknologi, pemasaran hasil pertanianl, serta layanan asuransi dan program beasiswa pendidikan.

#kartupetaniberjaya #e-kpbpringsewu #rakyatlampungberjaya


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x