Kompas TV nasional peristiwa

Ini Langkah BUMD DKI Dharma Jaya Antisipasi Wabah PMK pada Hewan Ternak

Selasa, 17 Mei 2022 | 14:09 WIB
ini-langkah-bumd-dki-dharma-jaya-antisipasi-wabah-pmk-pada-hewan-ternak

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

 

Dokter hewan memeriksa kesehatan hewan sapi di salah satu lokasi peternakan di Jakarta, Kamis (12/5/2022). Pemeriksaan dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) setempat itu guna mencegah penyebaran wabah virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang sudah merebak di sejumlah daerah. (Sumber: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/pras)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Utama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta Dharma Jaya Raditya Endra Budiman menjelaskan sejumlah langkah antisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menjangkit hewan ternak. 

Langkah pertama, kata Raditya, ialah memastikan bahwa sumber daerah dari mana sapi berasal merupakan sumber yang aman. 

"Kedua, semua sapi yang masuk ke Dharma Jaya itu sebelum turun dari truk kami sudah harus screening, terutama sapi dari daerah terindikasi," kata Raditya kepada wartawan, Selasa (17/5/22).

Baca Juga: BUMD Dharma Jaya Dilibatkan dalam Antisipasi Wabah PMK pada Hewan Ternak DKI

Sapi yang berasal dari daerah terindikasi, jelas Raditya, tidak akan diperbolehkan untuk turun dari truk. 

"Kami masukkan karantina, kami tes di atas truk, kalau memang ada indikasi, kami suruh ke luar, kami pulangin," tegas Raditya.

Screening, lanjutnya, tidak dilakukan bila sapi berasal dari daerah yang tidak terindikasi wabah PMK.

Pihaknya pun sudah menyeleksi sapi yang masuk ke DKI dengan melihat dari daerah mana sapi berasal. Jika daerah tersebut dianggap aman maka Dharma Jaya akan mengambil sapi dari daerah tersebut. 

Untuk daging, kata Raditya, pihaknya kebanyakan mengambil import dari Australia dan Brazil yang sejauh ini tidak ada masalah dengan PMK. 

Raditya menjelaskan, untuk sapi lokal, pihaknya memasok dari wilayah Jawa Barat, Lampung, dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Menurut Raditya, ketiga wilayah tersebut masih aman dan belum ada indikasi wabah PMK. 

Raditya berjanji, pihaknya akan terus melakukan koordinasi terkait PMK dengan Pemprov DKI Jakarta.

Baca Juga: PMK Tak Pengaruhi Pedagang Daging Sapi

 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x