Kompas TV regional berita daerah

Umat Buddha Sambut Waisak 2022 Dengan Sukacita

Selasa, 17 Mei 2022 | 13:47 WIB

Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Jelang perayaan Tri Suci Waisak berbagai persiapan dilakukan di Vihara Amurva Bhumi, Blahbatuh, Gianyar. Seperti pemasangan umbul-umbul hingga pembersihan altar. Selain itu juga terlihat sejumlah umat tengah melakukan persembahyangan.

Ketua Vihara mengatakan, perayaan Tri Suci Waisak 2566 mengangkat tema "Moderasi Beragama Untuk Indonesia Bahagia". Perayaan akan diisi dengan puja bhakti dan hiburan. Adapun puja bhakti akan dihadiri Yang Mulia Bhikkhu Dhammaratano. Tri Suci Waisak yang merupakan peringatan  terhadap 3 peristiwa penting yakni lahirnya Pangeran Sidarta, Pangeran Sidarta mencapai pencerahan dan Buddha Parinibana.

Umat Budha menyambut antusias perayaan Waisak. Pada perayaan tahun ini tidak ada lagi pembatasan umat, namun tetap dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan dan umat pun berharap pandemi Covid-19 segera berlalu.

Sementara itu, jelang perayaan Waisak 2566, sejumlah umat Budha melakukan persiapan di Vihara Buddha Sakyamuni Denpasar, Minggu (15/5) siang. Merangkai bunga dan menyusun buah dilakukan oleh sejumlah umat di Vihara Buddha Sakyamuni di Jalan Gunung Agung Denpasar. Gotong royong jelang perayaan Waisak 2566 tahun 2022 ini merupakan salah satu agenda persiapan puncak perayaan Hari Suci Waisak yang jatuh Senin,16 Mei 2022. Persiapan juga dilakukan di altar Sang Budha, dengan meletakan rangkaian buah dan bunga yang buat oleh para umat.

Diperkirakan umat yang hadir akan membludak, mengingat tahun ini perayaan lebih terbuka dengan sejumlah kemudahan dalam penerapan PPKM. Tahun lalu perayaan Waisak dilakukan secara daring, sementara tahun ini dirayakan lebih terbuka. Namun jumlah umat juga dibatasi dari kapasitas 3.000 orang menjadi hanya 1.000 umat.

Panitia penyelenggara juga masih menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Umat yang akan hadir diwajibkan mendaftar terlebih dahulu. Selain tetap menggunakan masker dan menjaga jarak, umat yang hadir wajib memindai akses masuk di aplikasi Peduli Lindungi. Perayaan Hari Suci Waisak tahun ini meski umat bisa hadir langsung ke vihara, namun pihak panitia juga tetap mempersiapkan live streaming bagi umat yang tidak dapat sembahyang langsung.

 

 

 

 

 

#waisak2022 #viharaamurvabhumi #viharabuddhasakyamuni

 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x