Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Pertempuran Mariupol Berakhir, Ratusan Kombatan Ukraina di Azovstal Dievakuasi

Kompas.tv - 17 Mei 2022, 13:01 WIB
pertempuran-mariupol-berakhir-ratusan-kombatan-ukraina-di-azovstal-dievakuasi
Pasukan Rusia mengawasi evakuasi para kombatan Ukraina yang bertahan di Azovstal, Mariupol yang dibawa menggunakan bus Rusia ke teritori separatis pro-Rusia, Senin (16/5/2022). (Sumber: Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

MARIUPOL, KOMPAS.TV - Ratusan kombatan yang menjaga benteng terakhir Ukraina di kompleks pabrik baja Azovstal, Mariupol dilaporkan telah dievakuasi pada Senin (16/5/2022). Dengan evakuasi ini, pertempuran untuk Mariupol berakhir, kota pelabuhan itu jatuh ke dalam kendali penuh Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyampaikan bahwa negosiasi berhasil menyelamatkan lebih dari 260 kombatan tersebut. Namun, para kombatan mesti dibawa Rusia ke teritori yang dikuasai separatis Republik Rakyat Donetsk.

Para kombatan Ukraina yang dievakuasi dari Azovstal dibawa menggunakan bus. Sebagian mereka dalam kondisi luka parah.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Anna Malyar menyampaikan bahwa 53 kombatan yang luka serius dibawa ke Novoazovsk untuk mendapatkan perawatan.

Sementara itu, sejumlah 211 kombatan lain dievakuasi ke Olenivka.

Baca Juga: Ratusan Kombatan Ukraina Masih Terjebak di Azovstal Mariupol, Keluarga Menunggu dengan Cemas

Hingga berita ini diturunkan, belum jelas status para kombatan itu apakah dijadikan tawanan perang oleh Rusia. Kiev sendiri mengaku akan berupaya memulangkan para kombatan itu.

“Ukraina butuh para pahlawan Ukraina untuk tetap hidup. Itulah prinsip kami,” kata Zelenskyy dikutip Associated Press.

“Militer dan intelejen kami telah memulai operasi untuk menyelamatakan para penjaga Mariupol. Kerja untuk memulangkan mereka akan berlanjut, ini butuh waktu,” lanjutnya.

Komandan Resimen Azov: Misi telah selesai

Kota Mariupol digempur habis-habisan oleh Rusia sejak awal invasi pada Februari lalu. Meskipun demikian, pasukan pertahan Ukraina bertahan dengan sengit hingga terjebak di Azovstal.

Sejumlah elemen militer Ukraina terjebak di kompleks pabrik baja itu, di antaranya adalah Resimen Azov, marinir, serta Pasukan Pertahanan Teritorial.

Per Senin (16/5), melalui pesan video, Komandan Resimen Azov Letkol Denis Prokopenko menyampaikan bahwa misi mereka di Mariupol “telah selesai.”

Sebelumnya, mereka ditugasi Kiev untuk mempertahankan kota itu dan disuruh mundur sendiri jika sudah kewalahan.

Letkol Prokopenko pun memuji Resimen Azov dan pasukan pertahanan di Mariupol. Ia menyebut mereka telah “menyelamatkan nyawa sebanyak mungkin personel.”

“Rencana dan operasi yang benar-benar aman tidak ada dalam perang. Anda selalu menghadapi risiko. Yang penting adalah mengerti apakah segala risiko telah dipertimbangkan, apakah ada rencana B, apakah Anda telah sepenuhnya berkomitmen atas rencana ini, itu harus termasuk menyelesaikan misi dan menyelamatkan sebanyak mungkin personel,” kata Letkol Prokopenko.

“Mungkin itulah perang adalah seni dan bukan sains. Ketika Anda telah menyelesaikan misi dan menyelamatkan sebanyak mungkin personel, itu adalah tingkat tertinggi dari komando pasukan. Khususnya jika keputusan Anda disetujui oleh otoritas militer tertinggi. Jayalah Ukraina!” pungkas dia.

Baca Juga: ‘Neraka Teburuk’ di Azovstal: Pasukan Pertahanan Ukraina Terpaksa Bertempur hingga Akhir Hayat


 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x