Kompas TV nasional sosial

Cara Sederhana Cegah Motor Dicuri Bisa Dilakukan dengan Kunci Setang Hadap Kanan, Ini Sebabnya

Kompas.tv - 17 Mei 2022, 18:59 WIB
cara-sederhana-cegah-motor-dicuri-bisa-dilakukan-dengan-kunci-setang-hadap-kanan-ini-sebabnya
Pelaku pencurian motor bernama Tomi Maedianto (50) mencuri motor milik orang lain lalu ditukar dengan motor yang dikendarainya. (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pencurian motor masih kerap terjadi. Motor yang parkir sembarangan tidak dilengkapi dengan tambahan pengaman bisa dicuri dalam waktu sekejap.

Bahkan, maling motor pun kian pintar karena hanya dengan bermodal peralatan seperti kunci T sudah bisa membobol kontak dengan kunci setang bawaan pabrik.

Kendati demikian, sebenarnya ada cara-cara sederhana yang bisa dilakukan semua pemilik kendaraan untuk menghindari pencurian motor.

Pertama, mengunci motor dengan posisi setang menghadap kanan.

Baca Juga: Dua Spesialis Pencurian Motor Ditangkap Polisi

Menurut Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Sawangan Asep Suharman, maling akan kesulitan ketika membuka kunci setang yang mengarah ke kanan. Alasannya, dimensi kunci T lebih panjang dari kunci biasa.

“Berbeda dengan ketika setang dikunci ke arah kiri, maling lebih bisa leluasa menjebol kunci kontak dan membawa kabur motor,” ujarnya, seperti yang dikutip dari Kompas.com, Selasa (17/5/2022).

Ada pula cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah pencurian motor, seperti memilih parkir di tempat terdalam sehingga tidak mudah terlihat orang lain.

Mencegah pencurian motor juga bisa dilakukan dengan mencabut Capacitor Discharge Ignition (CDI). Alat ini berfungsi untuk menjalankan proses pengapian pada motor dengan sistem karburator.

Baca Juga: Warga di Bekasi Berhasil Tangkap Dua Pelaku Pencurian Motor Bersenjata Api

Pada motor-motor skutik yang masih mengadopsi sistem karburator, letak CDI biasanya mudah dijangkau, misal di bawah bagasi. Cara melepasnya pun terbilang mudah. Ukuran CDI yang relatif kecil dianggap tidak akan merepotkan untuk dimasukan ke tas atau bahkan ke kantong baju atau celana.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x