Kompas TV nasional hukum

Jaksa Agung Larang Terdakwa Pakai Atribut Keagamaan di Ruang Sidang, Ini Alasannya

Kompas.tv - 17 Mei 2022, 10:38 WIB
jaksa-agung-larang-terdakwa-pakai-atribut-keagamaan-di-ruang-sidang-ini-alasannya
Jaksa Agung ST Burhanuddin menginstruksikan larangan terdakwa menghadiri persidangan dengan mengenakan atribut keagamaan yang sehari-harinya tidak digunakan. (Sumber: Tangkapan layar siaran kanal YouTube Kejaksaan RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jaksa Agung ST Burhanuddin menginstruksikan larangan terdakwa menghadiri persidangan dengan mengenakan atribut keagamaan yang sehari-harinya tidak digunakan oleh terdakwa tersebut.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung RI Ketut Sumedana menyampaikan bahwa instruksi itu telah disampaikan Burhanuddin kepada seluruh Jaksa di seluruh Indonesia.

Ketut menuturkan hal tersebut dilakukan agar tidak ada pemikiran di masyarakat bahwa hanya agama tertentu yang melakukan tindak pidana.

"Imbauan tersebut sudah beberapa kali disampaikan oleh Bapak Jaksa Agung," kata Ketut dikutip dari Kompas.com, Selasa (17/5/2022). 

"Maksudnya agar tidak mendiskreditkan agama tertentu. Seolah mereka berkelakuan baik dengan menggunakan peci dan baju koko," jelasnya. 

Meski demikian, dia tak merinci lebih lanjut mengenai contoh terdakwa yang pernah memakai atribut keagamaan demi persidangan.

Dia hanya mengatakan, tindakan para terdakwa memakai atribut keagamaan ketika mengikuti proses hukum tak bisa dibenarkan.

Baca Juga: Kata Jaksa Agung soal Perhatian 62,3 Persen Masyarakat di Kasus CPO: Jadi Motivasi Kerja Lebih Baik

Sebab itu, dia menegaskan, saat persidangan para terdakwa cukup hanya memakai pakaian yang sopan.

"Jadi cukup dengan pakaian rapi dan sopan sudah bagus," tegasnya. 

Dia kemudian berharap imbauan tersebut dapat dilaksanakan oleh seluruh jaksa di jajaran Kejaksaan.

Adapun, salah satu contoh penggunaan atribut keagamaan dalam persidangan dilakukan oleh mantan jaksa Pinangki Sirna Malasari yang terjerat kasus suap.

Terdakwa kasus suap dan gratifikasi pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) Djoko Tjandra, Pinangki Sirna Malasari menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (30/11/2020). (Sumber: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Sebelum jadi tersangka hingga saat awal diperiksa penyidik, Pinangki  selalu tampil tanpa hijab. 

Namun, saat kasusnya bergulir di persidangan, penampilannya saat berhadapan dengan majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pun berbeda, di mana Pinangki terlihat mengenakan hijab. 

Transformasi gaya busana jaksa Pinangki Sirna Malasari ini pun sempat mencuri perhatian publik.

Baca Juga: Jaksa Agung Pastikan Kasus Korupsi CPO akan Tuntas



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x