Kompas TV nasional politik

DKI Jakarta akan Demisioner, M. Taufik Gerindra Usul Heru Budi Hartono Tempati Posisi Anies Baswedan

Kompas.tv - 17 Mei 2022, 09:57 WIB
dki-jakarta-akan-demisioner-m-taufik-gerindra-usul-heru-budi-hartono-tempati-posisi-anies-baswedan
Politikus Senior Partai Gerindra  M Taufik Sumber: Kompas.com)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS. TV – Politikus senior Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik emenilai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono merupakan sosok tepat sebagai Penjabat (pj) Gubernur DKI Jakarta setelah Anies Baswedan demisioner pada Oktober 2022.

Dia beranggapan Heru memiliki kriteria lebih komplit dibandingkan dua nama lain yang juga disebut-sebut yakni Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) yang juga eks timses Presiden Joko Widodo Juri Ardiantoro dan Sekda DKI Jakarta Marulah Mattali.

"Menurut saya, dari tiga nama calon pejabat Gubernur DKI, Heru yang paling tepat," ujar Taufik seperti dikutip Antara, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Pengamat: Pj Gubernur DKI Jakarta Pengganti Anies Baswedan Harus Menyusun RPJMD Baru

Menurutnya Hery memiliki sejumlah keunggulan dibanding dua calon lainnya. Pertama, kata Taufik, Heru  pernah berkarier sejak jadi staf hingga sebagai pejabat eselon II di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Dia lebih paham Jakarta karena pernah menjadi pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI. Dia memulai karir dari bawah sampai Walikota dan bahkan sampai pada kepala badan di tingkat provinsi," katanya.

Keunggulan lainnya dalah kedekatan Heru dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah terjalin sejak Jokowi menjadi Gubernur DKI. Hubungan keduanya pun  dan kian erat saat Heru diboyong ke istana negara untuk menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Kata DPRD DKI Jakarta soal 3 Nama Pj Gubernur Calon Pengganti Anies Baswedan

"Yang kedua, tentunya kedekatan dengan presiden, terlebih dengan jabatan yang diembannya sekarang," ujar dia.

Heru juga, menurut Taufik, memiliki komunikasi yang baik dengan DPRD DKI sejak lama, sehingga akan memudahkan tugasnya saat diberi amanah menjadi pj Gubernur DKI Jakarta.

"Ketiga, sudah barang tentu kompetensinya memadai dan punya banyak relasi dengan para anggota legislatif," ucapnya.

Baca Juga: Inilah Profil 3 Calon Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan

Sementara itu, lanjut dia kedua tokoh lain yang disebut-sebut sebagai calon pj Gubernur DKI Jakarta, meski memiliki keunggulan tapi ada aspek yang kurang pada masing-masingnya sehingga diprediksi akan menjadi ganjalan bagi kedua tokoh itu menjabat sebagai pj Gubernur DKI Jakarta nantinya.

"Untuk dua calon lainnya, Sekda Marulah Mattali poin dua (kedekatan dengan presiden) kurang terpenuhi sedangkan Juri Ardiantoro poin satunya (pemahaman soal Pemprov DKI) kurang terpenuhi," katanya menambahkan.

Pada tahun 2022 ini, ada 101 kepala daerah, 7 diantaranya gubernur, akan demisioner atau habis masa jabatannya. Daerah Khusus Ibukota Jakarta per Oktober dan Aceh per Juni masuk dalam daftar tujuh daerah yang gubernurnya berstatus domisioner.   

Indonesia kini tengah mengupayakan pemilihan kepala daerah serentak. Sehingga pemerintah menunjuk penjabat kepala daerah untuk daerah yang kepala derahnya habis masa jabatannya sebelum pemilihan serentak selesai dilangsungkan. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.