Kompas TV nasional politik

Pengamat: Ridwan Kamil Temui Zulkifli Hasan dan Airlangga, Ingin Dapat Tiket Capres

Kompas.tv - 17 Mei 2022, 09:35 WIB
pengamat-ridwan-kamil-temui-zulkifli-hasan-dan-airlangga-ingin-dapat-tiket-capres
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto seusai pertemuan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di rumah dinas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, di Jakarta, Minggu (15/5/2022). (Sumber: NIKOLAUS HARBOWO/Kompas.id)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS. TV – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mulai berupaya mewujudkan niatnya pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai sebagai upaya untuk mendapatkan kendaraan politik sebagai tiket maju menjadi calon presiden.

Penilaian ini disampaikan Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago dalam pernyataan kepada Kompas TV, Senin (16/5/2022).

Niat Ridwan Kamil ikut dalam kompetisi pemilihan presiden tak akan terwujud selama belum ada dukungan partai politik yang mau mengusungnya. Sehingga Pangi menganggap, "Itu pertemuan bukan silaturahmi biasa saja, tapi itu adalah dalam rangka bagaimana pendekatan Ridwan Kamil yang berupaya agar dapat tiket partai.” 

Baca Juga: Menimbang Ridwan Kamil, Menggaet 33 Juta Pemilih di Tanah Pasundan

Politikus Partai Golkar dan PAN sendiri mengatakan Ridwan Kamil bertemu dua nahkoda partai itu dalam rangka silaturahmi yang biasa dilakukan setelah Idul Fitri.

Namun Pangi mengatakan gagasan Golkar, PAN dan PPP berkoaliasi menunjukkan partai-partai itu tengah menyiapkan perahu politik pemilihan presiden. Dari ketiga partai itu, nama Koalisi Indonesia Bersatu digaungkan akhir-akhir ini. 

Namun hingga kini, Pangi mengatakan, partai-partai itu belum memastikan tokoh yang akan menahkodai koalisi itu. Bahkan, Zulkifli maupun Airlangga belum tampak sebagai tokoh yang akan dicalonkan oleh koalisi itu.

Karena itu Pangi yakin pertemuan Ridwan Kamil dengan Zulkifli dan Airlangga, PAN dan Golkar sebagai bagian dari kelanjutan pembentukan koalisi.

Baca Juga: Ridwan Kamil akan Masuk Salah Satu Partai Koalisi Indonesia Bersatu?

“Sudah disiapkan oleh mereka itu partainya tapi orangnya siapa yang akan mengendarainya siapa itu belum. Nah  mungkin juga salah satunya adalah kelanjutan dari peristiwa pertemuan itu yang bisa kita maknai penjajakan dilakukan oleh Ridwan Kamil,” ucapnya.  

Menurut Pangi, tiga partai politik di Koalisi Indonesia Bersatu yakni Golkar, PAN, dan PPP tidak punya tokoh mumpuni untuk “dijual” di Pilpres 2024 mendatang.

Karena itu mereka membutuhkan figur yang akan mengendarai kendaraan politik yang telah disiapkan.

Baca Juga: Ridwan Kamil Temui Airlangga, Wasekjen PAN: Koalisi Buka Peluang Siapa Saja Bisa Maju Capres!

“Meskipun sudah ada perahunya tapi belum ada yang mengendarai-nya nah salah satu yang dilirik bisa jadi adalah Ridwan Kamil,” ujarnya menukas.

Di sisi lain, Ridwan Kamil pun memahami kebutuhan koalisi tersebut untuk mendapatkan figur untuk diperjuangkan di pilpres. Maka, Ridwan pun melakukan langkah-langkah terukur untuk mendapatkan restu dan dukungan ketiga partai tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x