Kompas TV internasional kompas dunia

Saudi Bersiap Tingkatkan Produksi Minyak Lebih dari 13 Juta Barel per hari pada Awal Tahun 2027

Senin, 16 Mei 2022 | 20:18 WIB
saudi-bersiap-tingkatkan-produksi-minyak-lebih-dari-13-juta-barel-per-hari-pada-awal-tahun-2027
Menteri Energi Saudi Abdulaziz bin Salman (kiri) dan Menteri Perminyakan Irak Ihsan Abdul-Jabbar Ismail pada konferensi energi Timur Tengah di ibukota Bahrain Manama, Senin (16/5/2022). (Sumber: France24)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MANAMA, KOMPAS.TV – Arab Saudi bersiap meningkatkan kapasitas produksi minyak hariannya sebanyak lebih dari satu juta barel hingga melebihi 13 juta barel per hari pada awal 2027.

“Kemungkinan besar akan menjadi 13,2 hingga 13,4 (juta barel per hari, bph), tetapi itu akan (tercapai) pada akhir 2026, awal 2027,” kata Menteri Energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman pada sebuah konferensi energi di Bahrain, Senin (16/5/2022).

Namun, kata Abdulaziz, produksi pada level itu akan dipertahankan jika pasar mengizinkan.

Raksasa energi Saudi Aramco pada Maret 2020 mengumumkan mereka mendapat arahan dari Kementerian Energi untuk meningkatkan kapasitas maksimum yang berkelanjutan dari 12 juta menjadi 13 juta barel per hari.

Tidak ada waktu yang diberikan saat itu untuk target baru.

Pengumuman itu datang setelah raksasa energi Saudi Aramco membukukan lonjakan laba kuartal pertama sebesar 82 persen pada satu hari sebelumnya. Keuntungan itu juga didukung oleh lonjakan harga minyak global yang berasal dari perang Ukraina.

Baca Juga: Bulan Depan Arab Saudi Stop Keluarkan Izin Umrah

Kilang minyak Dhahran, Arab Saudi. Kerajaan Arab Saudi bersiap meningkatkan kapasitas produksi minyak hariannya sebanyak lebih dari satu juta barel hingga melebihi 13 juta barel per hari pada awal 2027. (Sumber: Ahmad el Itani/Saudi Aramco)

Hasil tersebut membantu Aramco mendepak Apple minggu lalu sebagai perusahaan paling berharga di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

Aramco melanjutkan serangkaian berita ekonomi positif untuk Arab Saudi, yang pada awal Mei melaporkan pertumbuhan pada kuartal pertama meningkat 9,6 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021.

Namun Aramco menghadapi tantangan keamanan yang berasal dari perang koalisi militer pimpinan Saudi melawan pemberontak Houthi Yaman yang berulang kali menargetkan wilayah Arab Saudi, termasuk lokasi Aramco.


Sumber : France24

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x