Kompas TV regional peristiwa

Kronologi Jemaat Diusir Anggota TNI AU karena Pakai Sandal Jepit ke Gereja Kompleks Lanud Pattimura

Kompas.tv - 16 Mei 2022, 19:29 WIB
kronologi-jemaat-diusir-anggota-tni-au-karena-pakai-sandal-jepit-ke-gereja-kompleks-lanud-pattimura
Puluhan warga jemaat gereja Kategorial Lanud Pattimura melakukan protes ke personel TNI AU setelah ada beberapa jemaat yang memakai sandal jepit diduga dilarang masuk ke kompleks tersebut, Minggu (15/5/2022). (Sumber: KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Edy A. Putra

AMBON, KOMPAS.TV - Puluhan jemaat di Ambon diduga diusir sejumlah anggota TNI AU saat hendak beribadah di Gereja Kategorial di kompleks Pangkalan Utama TNI AU (Lanud) Pattimura.

Pengusiran terhadap puluhan warga oleh anggota TNI AU yang sedang berjaga di gerbang masuk kompleks tersebut terjadi pada Minggu (15/5/2022).

Baca Juga: Penembakan di Gereja AS, Satu Orang Tewas dan 4 Luka Parah

Diduga, pengusiran tersebut terjadi karena para jemaat menggunakan sandal ketika hendak pergi ke gereja di kompleks Lanud tersebut.

Patrik Kelmaskosu, salah satu jemaat gereja, menjelaskan kronologi kejadian pengusiran itu. Menurut dia, pengusiran oleh anggota TNI AU itu terjadi pukul 08.00 WIB.

Patrik menuturkan, ketika terjadi insiden pengusiran tersebut, sempat terjadi adu mulut antara para jemaat dan anggota TNI AU.

Para jemaat, kata Patrik, mempertanyakan alasan pengusiran oleh anggota TNI AU. Dia menuturkan warga datang hendak beribadah, bukan mendatangi kantor TNI AU.

Baca Juga: 7 Fakta TNI AU Pesawat Malaysia Mendarat Paksa hingga Terancam Denda Rp 5 Miliar

“Jadi tadi itu ada beberapa jemaat yang ke gereja. Mereka gunakan sepatu, tapi ada kelihatan jarinya lalu dilarang, tidak boleh, dan disuruh pulang,” kata Patrik dikutip dari Kompas.com pada Senin (16/5/2022).

“Itu yang bikin jemaat marah. Ini kan kita mau pergi ibadah, bukan mau pergi ke mereka (Lanud) punya kantor. Kalau mau (pergi) ke mereka punya kantor, oke lah aturannya seperti itu. Tapi ini kan kita mau pergi ibadah."

Patrik menambahkan warga baru diizinkan beribadah di gereja Kompleks Lanud Pattimura setelah terjadi adu mulut selama beberapa jam dengan petugas.

Sementara itu, Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas Dhewo menjelaskan bahwa pihak Lanud tidak pernah melarang warga beribadah di gereja yang berlokasi di area Lanud Pattimura.

Baca Juga: Perdebatan TNI AU dan Pilot Pesawat Malaysia yang Dipaksa Mendarat karena Masuk Wilayah Indonesia



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x