Kompas TV regional berita daerah

Serunya Wisata Jelajah Bandara YIA

Senin, 16 Mei 2022 | 18:30 WIB

Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPASTV - Sempat ditiadakan karena Pandemi Covid-19, pengelola Bandara Yogyakarta International Airport tahun ini kembali membuka wisata keliling bandara bertajuk Airport Education Tour Discovery. Selain memperkenalkan sejarah bandara sebagai miniatur Yogyakarta, program ini juga sebagai upaya agar masyarakat turut menjaga keberadaan Yogyakarta International Airport sebagai objek vital kebanggaan warga Yogyakarta. 

Berbeda dengan wisata pada umumnya, wisata edukasi yang digagas PT Angkasa Pura I ini digelar untuk memberi pengalaman baru bagi pengunjung yang ingin mengetahui lebih dekat Bandara Internasional Yogyakarta. Wisata bertajuk Airport Education Discovery Tour ini bercerita lebih banyak tentang Yogyakarta melalui Bandara Yogyakarta International Airport. Selama ini banyak warga yang datang namun hanya sampai di depan bandara saja. Dengan edukasi tour ini, pengunjung bisa datang ke bandara mulai dari ruang chek in, ruang tunggu, bahkan sampai ke runway atau landasan. Bahkan wisatawan bisa merasakan langsung menjadi petugas pemadam kebakaran di Bandara YAI ini. Tak hanya sekedar berkeliling area bandara, mereka juga bisa merasakan armada terbaru milik petugas. 

Wisata keliling bandara sendiri membutuhkan waktu sekitar dua jam. Selama dalam tur wisatawan akan diberi pengetahuan hingga berinteraksi langsung dengan petugas di bandara. Wisata edukasi ini diklaim menjadi wisata keliling bandara yang pertama di Indonesia, terlebih tidak semua bandara di dunia khususnya, mau memberikan layanan wisata edukasi airport. "Materinya bisa menjelaskan histori dari  bandara ini, sensi dari bangunan bandara, kearifan lokalnya," jelas Muhammad Arifin Firdaus, Direktur SDM dan Umum PT Angkasa Pura I. 

Wisata edukasi di Bandara YIA di banderol Rp. 85 ribu per orang. Nantinya tiap pengunjung akan mengelilingi bandara yang didampingi pemandu yang akan memberikan informasi mulai awal wisata hingga akhir tour. Pihak bandara menyediakan dua bus untuk memfasilitasi wisatawan dan masing-masing bus bisa menampung 20 orang. Wisata keliling bandara ini diharapkan menjadi destinasi wisata baru di Yogyakarta dan mampu mendongkrak umkm di dalam bandara yang terdampak selama Pandemi Covid-19. 

#wisatabandara #bandaraYIA #angkasapura


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x