Kompas TV regional berita daerah

Unik Pura Ksatria Shanti Bhuana Kodam XVIII/Kasuari Dibangun Bersebelahan Dengan Masjid Dan Gereja

Kompas.tv - 16 Mei 2022, 17:40 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

MANOKWARI, KOMPAS.TV - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III, Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, meresmikan Pura Ksatria Shanti Bhuana Kodam XVIII/Kasuari yang berada di kompleks Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat. Pura ini adalah salah satu bukti toleransi antar umat beragama, yang perlu tetap dijaga baik prajurit maupun masyarakat.

Uniknya Pura ini dibangun bersebelahan dengan tempat ibadah agama lain Masjid dan Gereja, hal ini sebagai wujud kerukunan umat beragama dan sebagai identitas keberagaman bangsa Indonesia, dimana prajurit Kodam harus menjadi contoh dalam membangun toleransi antar umat beragama.

Dalam sambutannya Pangkogabwilhan III ungkapkan rasa gembira dan terharu dengan perkembangan Kodam yang luar biasa, setelah sekian bulan ia tinggalkan, dan hari ini mendapat kehormatan meresmikan penggunaan Pura Pura Ksatria Shanti Bhuana milik Kodam XVIII/Kasuari.

Sementara itu Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, berharap apa yang telah dirintis Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, kegiatan beribadah umat Hindu akan lebih baik, yang  otomatis kehidupan bermasyarakat dan berbangsa pasti lebih baik, sebagai upaya pembentukan karakter dan moral serta spiritual yang kokoh, bagi keberhasilan pelaksanaan tugas pokok sesuai tanggung jawab masing-masing.

Peresmian Pura ini juga turut dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dan kepala suku nusantara, dimana kepala suku di Papua Barat siap melanjutkan apa yang telah dimulai dan diletakan para pendahulu untuk bisa menerima semua suku yang ada di Papua Barat.

#ManokwariPapuaBarat #RumahIbadahUmatHindu #ToleransiBeragama



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x