Kompas TV regional berita daerah

Peternak Kudus Hentikan Jual Beli Sapi Dari Luar Daerah

Kompas.tv - 16 Mei 2022, 16:41 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Maraknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkiti ternak sapi di sejumlah daerah, membuat para peternak di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menjadi resah. Salah satunya adalah Zaenal Arifin, pemilik peternakan sapi perah di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus.

Selain melakukan pengecekan kesehatan ternak secara berkala untuk sementara waktu pihaknya akan menghentikan jual beli sapi dari luar daerah. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan PMK pada hewan ternak.

"Kita sementara tidak mendatangkan sapi dari luar, karena penyakitnya sepertinya menular. Kita antisipasi saja kalau ada gejala yang diarahkan dari dokter hewan, ya kita awasi saja" kata Zaenal Arifin, peternak sapi.

Sementara itu untuk mengantisipasi PMK pada hewan ternak, Dinas Pertanian Peternakan dan Pangan Kabupaten Kudus, terus melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak, meskipun belum ditemukan kasus PMK di wilayah Kabupaten Kudus.

"Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan mulut dan postur tubuh, alhamdulillah kita belum temukan PMK di Kudus" kata Sidi Pramono, Koordinator Produksi dan Kesehatan Hewan Dispertan Kabupaten Kudus.

Meski demikian para peternak diimbau untuk waspada dengan mengenali gejala PMK pada ternak mereka dan segera melaporkan kepada petugas bila menemukan gejala penyakit hewan pada ternak mereka.

#penyakitmulutdankuku #hewanternak #kudus



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x