Kompas TV regional berita daerah

Hewan Ternak di Lereng Merapi Mati Mendadak

Kompas.tv - 16 Mei 2022, 15:37 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Petugas Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Peternakan (DPKPP) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menerima laporan ada 2 ekor sapi yang sakit. Selain sapi, peternak di Lereng Merapi, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah juga melaporkan kasus belasan kambing mereka mati mendadak, sejak awal bulan Mei lalu. Matinya belasan kambing, ditandai dengan bintik merah di mulutnya. Kasus ini juga masih dalam pemeriksaan petugas.

"Gejalanya kebanyakan mulutnya bintik-bintik merah dan perutnya kembung, mau makan tapi tidak mau minum" kata Nyono Wahyono, peternak.

 

Petugas mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan mengikuti langkah-langkah pencegahan yang sudah disosialisasikan. Seperti menyediakan kandang khusus untuk isolasi dan mencatat ciri-ciri yang tidak biasa muncul pada ternak.

"Sebetulnya PMK ini apabila terindikasi, kita karantina, kita isolasi, benar-benar ditangani sembuh" ujar Triyanto, petugas DPKPP Kabupaten Klaten.

Untuk mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) peternak diminta untuk tetap waspada dan tidak memasukkan dulu ternak dari luar daerah terutama dari daerah ditemukannya kasus penyakit mulut dan kuku. 

#penyakitmulutdankuku #peternak #lerengmerapi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.