Kompas TV regional politik

Nasdem Yogyakarta Bantah Pasang Baliho Anies Baswedan

Kompas.tv - 16 Mei 2022, 15:24 WIB
nasdem-yogyakarta-bantah-pasang-baliho-anies-baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Sumber: ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS. TV- Sejumlah baliho dukungan terhadap Anies Baswedan untuk maju di Pemilu Presiden 2024  bermunculan di Yogyakarta. Dalam baliho tersebut terdapat logo Partai Nasional Demokrat.

Namun Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Yogyakarta memberikan klarifikasi atas munculnya baliho dukungan terhadap Anies Baswedan tersebut.

DPW Nasdem Yogyakarta menyatakan tidak pernah memasang baliho dukungan terhadap Anies Baswedan. Sebab sampai saat ini, Partai Nasdem belum memutuskan untuk mendukung siapapun di Pemilu Presiden 2024 mendatang.

Baca Juga: Baliho Bergambar Dirinya Muncul di Lampung, Begini Penjelasan Ketua KPK Firli Bahuri

Klarifikasi tersebut disampaikan  Ketua DPW NasDem DIY. Dia menyatakan pihaknya tidak pernah menetapkan satu nama untuk Calon Presiden pada Pemilu 2024.

“Saya klarifikasi baliho tersebut bukan atas persetujuan DPW NasDem DIY. Kami tidak pernah merekomendasikan satu nama calon presiden,” kata Mbah Bardi, sapaan akrabnya, Jumat (13/5/2022).

Menurut Anggota DPR RI Dapil Yogyakarta itu, DPW NasDem DIY hanya pernah menyampaikan usulan tiga nama sebagai Calon Presiden RI kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem. Ketiganya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Baca Juga: Kata DPRD DKI Jakarta soal 3 Nama Pj Gubernur Calon Pengganti Anies Baswedan

Dia menduga baliho tersebut dipasang oleh relawan dari Anies Baswedan yang berada di Yogyakarta dalam menyikapi munculnya nama Anies Baswedan sebagai salah satu figure yang direkomendasikan DPW Partai Nasdem Yogyakarta untuk diusung pada Pemilu 2024.

“Di Jogja sudah ada relawan Anies, ada relawan Ganjar, ada juga relawan Andika. Saya menghargai mereka. Tetapi tolong hormati proses di internal NasDem. Kami belum memutuskan, nanti pada saatnya Ketua Umum akan mengumumkan. Yang jelas mesin partai akan mendukung siapapun capres pilihan NasDem,” terang Subardi.

Adapun usulan merekomendasikan Anies, Ganjar dan Andika Perkasa  berdasarkan survei internal DPW NasDem dengan responden masyarakat Yogyakarta.

Baca Juga: Nasdem: Nama Capres yang Diberikan ke Surya Paloh Berpotensi Tak Terkalahkan di Pilpres 2024

Meski demikian, usulan tersebut tidak ada kaitannya dengan sikap politik DPW NasDem DIY. Menurut Subardi, dinamika soal capres akan diputuskan melalui mekanisme internal Partai NasDem.

“Itu kan usulan. Kita menyampaikan hasil survei yang dilakukan akhir tahun 2021. Bukan dukung-mendukung. Saya taat asas, soal pencalonan presiden itu wilayah DPP,” tambah Subardi.

Baliho atau billboard tersebut terpasang di Jl. Laksda Adisucipto, Kalongan, Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Baliho dengan foto Anies Baswedan mengenakan blangkon ramai diperbincangkan di media sosial sejak Kamis (12/5/2022).

Dalam Baliho yang didominasi warna oranye itu tertulis berasal dari Forum Relawan Yogyakarta untuk Anies Baswedan. Baliho ini juga menuliskan pesan berbahasa jawa, artinya: Kita mendukung rekomendasi DPW Partai NasDem DIY kepada bapak Anies Baswedan untuk dicalonkan Presiden 2024.

Subardi mengakui di Yogyakarta sudah terbentuk relawan beberapa calon presiden. Mereka juga memiliki strategi untuk menggalang dukungan. Ia pun berharap, setiap relawan menghargai sikap Partai NasDem yang belum memutuskan kandidat siapapun.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x