Kompas TV regional berita daerah

Cegah PMK DKP3 Cek Kesehatan Hewan Di Pasar Hewan

Senin, 16 Mei 2022 | 12:50 WIB

Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI,KOMAS.TV - Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Dan Perikanan Kota Sukabumi, lakukan pemantauan dan pencegahan PMK pada semua Pasar Hewan di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Pemantauan kali ini melibatkan Petugas Kesehatan dan Dokter Hewan serta Kepolisian, di Pasar Hewan kambing Kota Sukabumi.

PMK merupakan penyakit hewan menular akut yang menyerang ternak sapi, kambing, domba, kerbau dan babi, dengan tingkat penularan cukup tinggi. Kegiatan pemantauan ini guna mengidentifikasi dan mensosialisasikan kemunculan penyakit PMK ada hewan ternak. Untuk mengantisipasi meluasnya penyakit tersebut, DKP3 Kota Sukabumi telah membuat edaran serta pemantauan di pasar hewan.

Berdasarkan sidak yang dilakukan DKP3 Kota Sukabumi sejauh ini Kota Sukabumi bebas PMK. Namun pihaknya terus memantau keluar masuknya hewan baik sapi maupun kambing dan domba, dengan melibatkan kepolisian untuk memantau lalu lintas ternak yang masuk ke Kota Sukabumi.,

Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Andri Setiwan, dengan melibatkan petugas medik kesehatan hewan, serta kepolisian untuk pemantauan lalu lintas ternak ini diawali di pintu masuk pasar hewan. Setiap kambing yang masuk langsung diperhatikan dengan seksama kondisinya untuk memastikan kambing dan domba yang masuk ke Pasar Hewan Citamiang Kota Sukabumi dalam keadaan sehat dan aman dari wabah PMK.

Pemantauan terhadap sejumlah kambing oleh petugas dilakukan di dalam pasar, aktifitas jual beli kambing tidak luput dari pemeriksaan petugas.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x