Kompas TV regional berita daerah

5 Ekor Sapi Diduga Terinfeksi Wabah PMK

Kompas.tv - 16 Mei 2022, 13:21 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV, LAMPUNG – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Lampung meninjau sejumlah peternakan di Kabupaten Tulang Bawang dan Mesuji.

Upaya tersebut, sebagai langkah cepat pencegahan adanya wabah foot and mouth disease atau Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang lebih dulu menjangkit di wilayah Jawa Timur.

Baca Juga: Ayah Cabuli Anak Kandung Selama 3 Tahun

Anwar Fuadi selaku Sekretaris Disnakkeswan Provinsi Lampung mengatakan, dari peninjauan yang dilakukan petugas menemukan setidaknya lima ekor sapi yang diketahui mengalami sakit demam dan sulit makan.

Namun, guna memastikan kelima ekor sapi tersebut terrinfeksi wabah PMK atau bukan, pihaknya mengambil sampel hewan untuk diujikan di laboratorium.

“Ada (gejala) yang kita temukan, tapi sekali lagi kita harus menunggu hasil laboratorium. Untuk memastikan gejala-gejala yang ditimbulkan karena gejala-gejalanya kan sangat umum,” kata Anwar.

Penyakit PMK sendiri adalah penyakit pada ternak atau hewan yang sifatnya tidak menular kepada manusia, tetapi memang disebabkan oleh virus.

Baca Juga: Peternak Sapi di Lampung Khawatir Wabah PMK

Oleh karena itu, dinas peternakan mengimbau para peternak untuk menjaga kesehatan hewan ternak dan tidak panik menghadapi wabah PMK.

#penyakitmulutdankuku #kesehatanhewanternak #wabahpenyakit



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x