Kompas TV nasional politik

Ridwan Kamil Akan Jadi Pendamping Airlangga di Pilpres 2024? Ini Penjelasan PAN

Kompas.tv - 16 Mei 2022, 12:30 WIB
ridwan-kamil-akan-jadi-pendamping-airlangga-di-pilpres-2024-ini-penjelasan-pan
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Jakarta, Kamis (10/2/2022). ) (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Pertemuan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto disinyalir membicarakan persiapan Pilpres 2024 mendatang. 

Ridwan Kamil diprediksi akan menjadi pendamping dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Namun, hal ini dibantah oleh Sekjen PAN Eddy Soeparno. 

"Pertemuan antara Pak Zulkifli Hasan dan Pak Ridwan Kamil adalah sebuah bentuk silaturahmi halalbihalal pasca Idul Fitri. Di mana Pak Ridwan Kamil datang untuk lakukan silaturahmi secara kekeluargaaan dan beberapa pengurus PAN seperti Kang Bima Arya dan Saleh Daulay," kata Eddy dalam keterangan video yang diterima Kompas TV, Senin (16/5/2022). 

Baca Juga: Koalisi Indonesia Bersatu Terbentuk, Ridwan Kamil Sowan ke Zulhas dan Airlangga

Ia menjelaskan, dalam Koalisi Indonesia Bersatu belum mengerucut nama calon presiden yang akan diusung untuk Pemilu 2024.

Menurut dia, pencapresan masih dibahas di dalam koalisinya dan belum menghasilkan sebuah konklusi. 

Nantinya, para ketua umum partai di Koalisi Indonesia Bersatu akan menggelar pertemuan-pertemuan lanjutan untuk merumuskan berbagai hal terkait pesta demokrasi lima tahunan.

"Sesungguhnya banyak hal yang dibahas tapi di depannya ada hal penting yang dirumuskan, belum ada yang konklusif dan disimpulkan termasuk masalah pencapresan." 

"Belum dibahas secara konklusif sehingga ini adalah sebuah pembahasan yang nanti akan dilakukan secara progresif ke depannya. Kita dalam Koalisi Indonesia Bersatu akan bertemu lagi di tim kerjanya agar bisa menindaklanjuti apa yang dibahas oleh para ketum kita," katanya. 

Sebelumnya, Tiga hari berselang setelah koalisi itu terbentuk pada Kamis (12/5/2022), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi kediaman Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pada Minggu (15/5/2022). 

"Diskusi dengan Kang Emil selalu menarik. Diawali dengan obrolan kehidupan arsitek di New York, sesuai latar belakang Kang Emil, karena kebetulan putera bungsu saya Haikal mengikuti jejaknya menjadi arsitek dan berkarir di New York," tulis Zulkifli dalam akun Twitter pribadinya @ZUL_Hasan yang dikutip Senin (16/5/2022). 

Sementara itu, dilansir dari Kompas.id, dua jam setelah melakukan pertemuan di rumah Zulhas, Ridwan Kamil melanjutkan safari politiknya ke rumah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. 

Baca Juga: Menko Airlangga Imbau Ridwan Kamil Fokus Pecepatan Pembangunan Ekonomi Jawa Barat

Dalam kunjungannya ke rumah Airlangga, Emil hadir bersama istrinya, Atalia Praratya. Keduanya disambut Airlangga bersama istrinya, Yanti Isfandiary. Pertemuan berlangsung tertutup selama sekitar satu jam.

”Malam hari ini, menerima kunjungan silaturahmi dari Gubernur Jawa Barat, Pak Ridwan Kamil, dan pertemuan ini memang sudah beberapa hari lalu direncanakan. Terutama dalam rangka Lebaran, dan kebetulan dengan Pak Emil (sebutan Ridwan Kamil) ini, kita sudah beberapa kali rapat duluan daripada Lebarannya. Jadi, kurang pas kalau tidak ketemu secara fisik dan alhamdulillah pada sore hari ini bisa terlaksana,” ujar Airlangga seusai pertemuan.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.