Kompas TV nasional politik

Koalisi Indonesia Bersatu Terbentuk, Ridwan Kamil Sowan ke Zulhas dan Airlangga

Senin, 16 Mei 2022 | 11:21 WIB
koalisi-indonesia-bersatu-terbentuk-ridwan-kamil-sowan-ke-zulhas-dan-airlangga
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Minggu (15/5/2022). (Sumber: Twitter: @ZUL_Hasan)

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Golkar, PPP, dan PAN resmi membentuk sebuah koalisi partai politik (parpol) menyongsong agendan Pilpres 2024 mendatang. Gabungan parpol itu dinamakan Koalisi Indonesia Bersatu. 

Tiga hari berselang setelah koalisi itu terbentuk pada Kamis (12/5/2022), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi kediaman Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pada Minggu (15/5/2022). 

"Diskusi dengan Kang Emil selalu menarik. Diawali dengan obrolan kehidupan arsitek di New York, sesuai latar belakang Kang Emil, karena kebetulan putera bungsu saya Haikal mengikuti jejaknya menjadi arsitek dan berkarir di New York," tulis Zulkifli dalam akun Twitter pribadinya @ZUL_Hasan yang dikutip Senin (16/5/2022). 

Wakil Ketua MPR itu mengakui kalau kedatangan orang nomor satu di Tanah Pasundan itu membicarakan ihwal dinamika politik di Koalisi Indonesia Bersatu. 

Baca Juga: Berkoalisi dengan Golkar dan PPP, PAN Tak Ingin Ada Pertarungan Ideologi dan Politik Identitas

"Tentu kamipun berdiskusi soal situasi politik dan kebangsaan hari ini. Kang Emil tanya soal Koalisi Indonesia Bersatu yang baru saya bentuk bersama Pak Airlangga dan Pak Suharso minggu lalu."

"Saya sampaikan fokus koalisi ini adalah membawa politik gagasan. Kami percaya Indonesia akan lebih baik jika kita memiliki gagasan, melakukan terobosan dan menjaga persatuan," ujarnya. 

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berbicara ke awak media setelah menerima kunjungan silaturahmi dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di rumah dinas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, di Jakarta, Minggu (15/5/2022). (Sumber: NIKOLAUS HARBOWO/Kompas.id)

Sementara itu, dilansir dari Kompas.id, dua jam setelah melakukan pertemuan di rumah Zulhas, Ridwan Kamil melanjutkan safari politiknya ke rumah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. 

Dalam kunjungannya ke rumah Airlangga, Emil hadir bersama istrinya, Atalia Praratya. Keduanya disambut Airlangga bersama istrinya, Yanti Isfandiary. Pertemuan berlangsung tertutup selama sekitar satu jam.

”Malam hari ini, menerima kunjungan silaturahmi dari Gubernur Jawa Barat, Pak Ridwan Kamil, dan pertemuan ini memang sudah beberapa hari lalu direncanakan. Terutama dalam rangka Lebaran, dan kebetulan dengan Pak Emil (sebutan Ridwan Kamil) ini, kita sudah beberapa kali rapat duluan daripada Lebarannya. Jadi, kurang pas kalau tidak ketemu secara fisik dan alhamdulillah pada sore hari ini bisa terlaksana,” ujar Airlangga seusai pertemuan.

Airlangga menyebut, Koalisi Indonesia Bersatu membuka peluang untuk mengusung Ridwan Kamil di Pilpres 2024. Namun, mengenai capres-cawapres yang akan diusung koalisi, Airlangga menegaskan akan membahasnya bersama dengan parpol lain dalam koalisi. 

Baca Juga: Partai Golkar, PAN dan PPP Sepakat Bentuk Koalisi, Suharso : Koalisi Cegah Politik Identitas

”Dan tentu kami, Partai Golkar, mengapresiasi capaian-capaian Pak Gubernur, Kang Emil. Dan juga kami ingin menjaga supaya proyek yang sudah dibuatkan perpres oleh Pak Presiden bisa dikawal sampai 2024 dan untuk mengawal itu ya tentu koalisi bisa mengakselerasi itu,” jelasnya.

Ridwan Kamil saat ditanya kemungkinan mendampingi Airlangga di Pilpres 2024 menjawab, pembicaraan belum sampai ke tahap tersebut. ”Tapi kalau takdirnya sudah sampai ke situ, pertanyaannya pasti juga bisa dijawab dengan mudah,” ujarnya.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x