Kompas TV regional peristiwa

Kronologi Lima Nelayan yang Hilang Akhirnya Ditemukan Selamat di Perairan Flores

Senin, 16 Mei 2022 | 10:36 WIB
kronologi-lima-nelayan-yang-hilang-akhirnya-ditemukan-selamat-di-perairan-flores
Tim SAR dari Kator Basarnas Maumere bersama para nelayan saat tiba di Kabupaten Sikka, Minggu (15/5/2022). (Sumber: Kompas.TV/Ant)

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

KUPANG, KOMPAS.TV – Lima nelayan asal Desa Nangahure, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat di Perairan Flores oleh Tim SAR Kantor Pencarian dan Penyelamatan Maumere NTT. 

Para nelayan itu sebelumya dilaporkan hilang selama dua hari atau dari Jumat (13/5) ketika pergi mencari ikan di laut.

Diterangkan lebih lanjut oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere I Putu Sudayana bahwa hilangnya kelima nelayan itu setelah mendapat informasi dari Mansyur, seorang Warga Desa Nangahure. Mansyur kala itu mengatakan bahwa telah terjadi kecelakaan kapal nelayan Desa Nangahure, Kabupaten Sikka yang belum kembali dari mencari ikan di Perairan Pulau Madu Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kapal tersebut diperkirakan hanyut di koordinat 7°31'33.03" S - 121°31'21.04" E dengan Radial 327.50 atau 77.6 NM dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere.

I Putu Sudayana selaku SAR Mission Coordinator menceritakan, lima nelayan itu menumpang satu unit kapal nelayan berangkat mencari ikan pada Jumat (13/5) pada pukul 19.30 Wita dari Desa Nangahure dan kembali pada Sabtu (14/5) pukul 00.06 Wita.

Baca Juga: Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter Paksa Nelayan Tak Melaut

Pada pukul 11.20 Wita, para nelayan mendapat telpon dari salah satu ABK yang berada di atas kapal bahwa kapal yang mereka tumpangi hanyut sekitar 12 NM ke arah Barat Pulau Madu Kabupaten Kepulauan Selayar.

Setelah menerima laporan itu, pada Pukul 09.05 Wita tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere yang berjumlah 5 orang berangkat menuju area lokasi pencarian di Perairan Laut Flores dengan menggunakan RIB 500 PK Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere.

Setelah melaksanakan pencarian selama lima jam jam tim Rescue tepat pada Pukul 14.20 Wita menemukan kapal tanpa nama bersama Nahkoda dan 4 Orang ABK dalam keadaan selamat.

"Kapal milik para nelayan langsung ditarik oleh Kapal KM Cipta Indah Kapal bermuatan Beras dengan Rute Kabupaten Sinjai – Pelabuhan Wuring Kabupaten Sikka dan tiba di Maumere pada Minggu (15/5) malam,” jelas I Putu Sudayana.

Baca Juga: Detik-Detik Evakuasi ABK Kapal Alam Jaya di Laut Flores, 8 ABK yang Sempat Terapung 12 Jam Selamat

 


Sumber : Kompas TV/Antara

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x