Kompas TV nasional peristiwa

Bertemu CEO BloombergNEF, Anies Bicarakan Kerja Sama Genjot Bebas Emisi di Jakarta

Kompas.tv - 16 Mei 2022, 10:13 WIB
bertemu-ceo-bloombergnef-anies-bicarakan-kerja-sama-genjot-bebas-emisi-di-jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyaksikan MoU Transjakarta dengan Switch Mobility di London, Sabtu (14/5/22). (Sumber: Tangkapan Layar Instagram @aniesbaswedan)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pertemuan bilateral dengan CEO of Bloomberg New Energy Finance (BloombergNEF), John Moore di Bloomberg European Headquarters, London.

Pada pertemuan tersebut, Anies membicarakan kerja sama untuk mencapai target Jakarta mencapai net zero emission atau nol emisi karbon pada 2050 mendatang, khususnya melalui kebijakan sustainable mobility. 

"Kebijakan sustainable tersebut melalui pengembangan pedestrian, jalur sepeda, integrasi transportasi publik multi moda, target elektrifikasi 50 persen armada Transjakarta pada tahun 2025, dan elektrifikasi seluruh armada Transjakarta pada tahun 2030, dan kebijakan terkait lainnya," kata Anies dalam keterangan persnya, Senin (15/5/22). 

Baca Juga: Anies Baswedan Tawarkan Investasi MRT Pada Delapan Perusahaan Inggris

Anies menilai, BloombergNEF sebagai penyedia penelitian strategis dapat membantu mengarahkan investasi dan menghasilkan ide-ide yang dapat membantu mempercepat transisi tersebut di Jakarta, dan Indonesia pada umumnya.

Pemprov DKI melalui PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) juga menandatangai perjanjian kerja sama dengan Bloomberg New Energy Finance (BNEF). 

“Kerja sama dengan BNEF dilakukan untuk mengelola data dan riset dalam mendukung adaptasi transisi energi dalam bentuk bus listrik," kata Direktur Transjakarta M. Yana Aditya. 

Menurut Yana, kerja sama ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mendorong transisi menuju ekonomi rendah karbon dan target capaian net zero emission yang tengah dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Baca Juga: Anies ke Eropa, Saksikan MoU Transjakarta dengan Produsen Bus Listrik di Inggris

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x