Kompas TV feature news or hoax

Hoaks WNA Tiongkok Menyamar Jadi Suku Dayak Terbang ke Ibu Kota Negara Baru | News Or Hoax

Senin, 16 Mei 2022 | 08:40 WIB

Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar sebuah video yang memperlihatkan orang-orang dengan pakaian adat suku dayak sedang menaiki pesawat. Diklaim mereka adalah warga negara Tiongkok calon penghuni ibu kota baru yang sedang menyamar.

Unggahan tersebut berisi narasi, “warga negara asing calon penghuni IKN sudah mulai berdatangan, mempergunakan tradisi pakaian adat dayak Kalimantan. Semoga tragedi mangkok merah jilid 2 akan terjadi.”

Namun, berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut adalah tidak benar atau hoaks.

Faktanya, orang-orang di dalam video merupakan suku dayak iban sarawak, Malaysia. Saat itu, mereka hendak terbang dari miri, Sarawak, ke kota Kinabalu, Sabah, pada 30 april 2022 menggunakan pesawat airasia.

Penelusuran selanjutnya dengan menggunakan kata kunci, “suku dayak iban naik pesawat” pada mesin pencari google ditemukan sebuah video berjudul “60 orang dayak naik pesawat”. Yang diunggah kanal youtube onal majan, pada 2 mei 2022. Video ini merupakan unggahan ulang dari video yang sebelumnya diunggah di media sosial tiktok pada 30 april 2022.

Oleh karena itu, klaim pada video, yang memperlihatkan warga Tiongkok calon penghuni ibu kota baru menyamar dengan memakai pakaian adat suku dayak sedang menaiki pesawat adalah tidak benar atau hoaks.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x