Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Vaksin Covid-19 Sebabkan Hepatitis Akut Pada Anak | News Or Hoax

Kompas.tv - 16 Mei 2022, 08:20 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

Kompastv - Beredar informasi yang menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 menyebabkan hepatitis akut pada anak. Disebutkan juga kementerian kesehatan  tidak menghitung variabel yang mungkin terjadi pada anak usia 2 tahun yang meninggal diduga karena terjangkit hepatitis.

Klaim tersebut menyebutkan sang anak meninggal karena meminum air susu ibu atau asi dari ibu yang sudah divaksin Covid-19.

Melalui konferensi pers perkembangan kasus hepatitis akut di Indonesia di kanal youtube Kemenkes pada kamis 5 mei 2022 lalu, pemerintah sudah memberikan penjelasan mengenai isu ini.

Lead scientist untuk kasus hepatitis akut di indonesia, Profesor  dokter Hanifah Oswari mengatakan bahwa kasus ini tidak ada hubungannya dengan vaksin Covid-19.

Diketahui bahwa pada ketiga kasus ini, anak berusia 2 tahun sudah mendapatkan vaksinasi hepatitis, anak usia 8 tahun memperoleh vaksinasi Covid-19 satu kali, serta vaksin hepatitis lengkap. Sementara anak usia 11 tahun telah mendapat vaksinasi Covid-19 dan hepatitis lengkap. Namun tidak ada bukti yang menguatkan bahwa kasus hepatitis yang mereka alami disebabkan oleh vaksin Covid-19 atau vaksin lain.

Jadi, isu bahwa vaksin Covid-19 menyebabkan hepatitis akut pada anak adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.