Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Air Rebusan Pare Dapat Bunuh Sel Kanker | News Or Hoax

Kompas.tv - 16 Mei 2022, 08:20 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beberapa waktu lalu beredar melalui pesan berantai whatsapp, berisi informasi terkait air panas yang dicampur dengan pare dapat membunuh sel kanker. Informasi tersebut disertai dengan tautan blogspot yang diklaim bersumber dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat, RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Namun, setelah dilakukan pengecekan kebenaran informasinya, info yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Dokter gizi medis dokter Karina Anastasya menyatakan bahwa air rebusan pare tidak terbukti dapat menyembuhkan kanker. Berdasarkan hasil penelitian dokter karina, pare memiliki senyawa antikanker. Namun senyawa tersebut didapat dari ekstrak pare, bukan air rebusan pare.

“air rebusan pare tidak bisa dibilang menyembuhkan kanker. Senyawa dalam pare memiliki efektivitas sebagai antikanker. Namun saat ini masih terbatas dari pengambilan ekstrak dari pare itu sendiri, belum sampai ke tahap air rebusan pare,” ujar dokter Karina.

Jadi, informasi yang menyatakan air rebusan pare bisa menyembuhkan kanker adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.